Ayo Kenalan Dengan Olahraga EMS

0
15

Mau bugar dalam waktu singkat? EMS jawabannya!
Ya, olahraga yang sedang tren ini pasti sudah sering Anda dengar, apalagi olahraga ini dipopulerkan oleh penyanyi Andien, yang juga memiliki studio sendiri. EMS, kependekan dari Electrical Muscle Stimulation adalah alat bermuatan aliran listrik yang digunakan untuk merangsang otot tubuh agar lebih efektif. Sebenarnya, aliran listrik yang digunakan dalam EMS sama seperti aliran listrik pada sistem saraf. Nah, aliran listrik dari EMS berfungsi untuk merangsang saraf otot tubuh supaya bergerak lebih efektif. Kalau olahraga fisik lainnya bisa dilakukan dimana saja, bahkan di rumah, kalau ingin mengikuti EMS kita harus datang ke studionya langsung.
 
Anda tidak harus mengenakan pakaian tertentu saat datang ke studio, karena setiap sesi training EMS Anda akan dipasangkan pakaian khusus berbentuk rompi yang terhubung langsung ke mesin EMS Miha Bodytec. Pada beberapa titik tertentu seperti lengan, perut, punggung dan paha akan dipasang kabel untuk mengalirkan gelombang elektro yang langsung terfokus ke otot-otot tubuh. Nah, berkat elektroda ini otot dapat distimulasi tepat sasaran dengan beban yang dapat disesuaikan dengan kekuatan pengguna.
 
Dalam pengertian sederhana, training dalam EMS memang memfokuskan gerakan seperti di tempat gym, namun tanpa beban riil. Beban berada pada mesin. Tidak terlihat oleh mata, namun apa yang dirasakan otot kurang lebih sama seperti kita mengangkat beban.

Apa Benefitnya Bagi Tubuh?
Mengaktifkan Kerja Otot
Metode EMS training menggunakan aliran listrik ke tubuh yang menstimulasi otot Anda. Setidaknya latihan ini akan memicu 90% otot dalam tubuh secara bersamaan. Sedangkan olahraga konvensional hanya dapat merangsang otot tertentu saja pada tiap sesi latihan, oleh karena itu dalam fitnes ada beberapa tahap latihan yang digunakan.
 
Kalori Terbakar Maksimal
Dalam satu sesi training EMS, Anda bisa membakar hingga 500 kalori dalam 20 menit saja. Wow, jumlah yang fantastis! Bagaimana dengan fitnes biasa? 90 menit latihan ternyata hanya akan membakar 300 kalori saja.
Karena benefit pembakaran kalori ini, banyak mereka yang ingin mulai program diet sangat tertarik mencoba untuk mendapatkan badan ideal nan bugar. Bagaimana, sudah mulai tertarik pindah ke olahraga ini?
 
Mengatasi Atrofi Otot
Atrofi adalah kondisi di mana massa otot menurun akibat dari cedera atau riwayat penyakit tertentu sehingga ada bagian tubuh yang tidak bisa digerakkan dalam waktu yang cukup lama. Fungsi EMS di sini untuk merangsang otot yang tertidur supaya aktif kembali, sehingga tidak semakin mengecil.
 
Osteoarthritis
Osteoarthritis adalah salah satu jenis arthritis yang paling umum terjadi, dimana keadaan ini mengakibatkan sendi terasa sakit, kaku dan bengkak. Kondisi ini seringkali dialami pada sendi bagian tangan, lutut, pinggul dan tulang punggung. Secara umum dialami oleh orang lanjut usia, sehingga EMS dapat berfungsi sebagai terapi untuk mengembalikan fungsi otot yang telah hilang atau terganggu akibat suatu penyakit tertentu. Namun sebelum memutuskan mendaftar training EMS, sebaiknya konsultasikan terhadap ahli medis terlebih dahulu, ya.
Benefit pembakaran kalori lebih cepat ini yang cukup menggoda untuk dicoba, ya? Apalagi ada kelebihan lain untuk memperbaiki kinerja otot supaya tetap aktif. Menarik!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here