5 Resep Praktis Lezat Untuk Mulai MPASI

Wednesday, June 27, 2018

Membahas tumbuh kembang anak memang tidak akan pernah habis, karena segala hal meliputi gizi, nutrisi, serta melatih kemampuan otak dan motorik. Saat bayi mulai menginjak usia 6 bulan sensor motoriknya mulai terlatih sehingga anak mulai gemar bermain dengan tangan dan menggenggam benda. Juga, si Kecil mulai suka memasukkan semua benda yang dipegangnya ke dalam mulut.

Sikap-sikap yang ditunjukkan ini adalah beberapa pertanda bahwa si Kecil sudah mulai bisa dikenalkan dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI) untuk mencukupi kebutuhan gizinya. Bagi ibu baru yang masih bingung harus mulai dengan menyajikan apa, berikut 5 pilihan menu praktis yang bisa dicoba:

 

  • Puree Labu

Buah, sayuran dan sumber protein lain adalah makanan yang dianjurkan untuk MPASI si Kecil, namun jangan memberikan jus buah terlalu sering. Seimbangkan menu berprotein dan buah, agar lebih praktis Anda bisa membuat puree. Cukup kukus buah kemudian haluskan hingga lembut, selanjutnya bisa tambahkan ASI sebagai campuran. Anda bisa gunakan labu, pisang, atau alpukat sebagai bahan membuat puree yang lezat dan akan menjadi favorit si Kecil.

 

  • Ubi Havermout Kacang Polong

Salah satu makanan sehat yang baik dikonsumsi oleh anak-anak hingga usia dewasa adalah havermout. Anda bisa mencampurnya bersama ubi dan kaldu, lalu haluskan hingga lembut. Jangan lupa giling kacang polong sampai halus, siram di atasnya.

 

  • Bubur Melon Jeruk Baby

Memberikan puree buah kepada si Kecil akan menambah asupan vitamin dan serat yang baik untuk sistem pencernaan tubuhnya, oleh karena itu seimbangkan dengan pemberian menu berprotein lainnya. Bubur Melon Jeruk Baby juga termasuk salah satu menu praktis yang mudah dibuat, satu hal yang harus diperhatikan adalah pilih buah yang sudah matang dan jeruk manis.

 

Baca juga : Sayuran Yang Paling Mudah Dijadikan Finger Food

 

  • Bubur Saring Beras Merah Ayam

Sebagai sumber karbohidrat sehat, Anda bisa mencoba beras merah ke dalam menu MPASI si Kecil. Pertama, masak beras merah bersama kaldu ayam hingga matang. Selanjutnya Anda bisa masukkan daging ayam, tahu dan wortel hingga matang. Jika sudah cukup matang, haluskan semua bahan ini hingga lembut, dan sajikan. Selain kaya nutrisi, bubur tetap bertekstur dan tidak lembek.

 

  • Tim Ikan

Sudah bukan rahasia kalau ikan mengandung gizi yang baik untuk tumbuh kembang anak, bahkan kandungan nutrisi dalam ikan baik untuk kesehatan orang dewasa. Pilih ikan yang berdaging seperti patin atau tuna, dan pisahkan dengan tulangnya. Kukus hingga matang, dan cacah hingga halus untuk memudahkan si Kecil menelan. Jika si Kecil sudah memasuki usia 10 bulan, Anda cukup kukus ikannya saja sampai matang, tidak perlu dihaluskan.

 

Untuk mengenalkan MPASI kepada si Kecil harus secara bertahap, karena si anak harus beradaptasi terhadap tekstur makanan baru. Agar proses belajar makannya lebih menyenangkan, gunakan Tupperware Tiwi Todz yang berwarna ceria, cocok untuk anak-anak.

share :