5 Sayuran Terbaik Untuk MPASI SI Kecil

Wednesday, June 27, 2018

Siapa yang tidak bahagia melihat anak-anak bisa tumbuh dengan sehat? Perasaan ini pasti dirasakan oleh semua ibu, baik yang baru melahirkan ataupun yang putra-putrinya sudah dewasa. Proses tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh bagaimana orang tua memperhatikan dan mendidik mereka, termasuk soal nutrisi.

Sejak anak dilahirkan, proses tumbuh kembang dimulai. Saat si Kecil baru bisa menerima ASI sebagai makanan utama, hingga ketika ia menginjak 6 bulan akan dikenalkan terhadap makanan pendamping ASI untuk membantunya mengenal tekstur makanan baru.

Jenis makanan seperti apa yang bisa diberikan kepada si Kecil saat MPASI? Buah, ikan dan makanan berprotein lainnya sangat disarankan, tak terlepas varian sayuran yang sangat baik untuk tumbuh kembangnya. Dari sayur si Kecil akan mendapatkan vitamin dan serat yang mencukupi untuk melancarkan sistem pencernaannya. Berikut 5 rekomendasi sayuran terbaik untuk MPASI si Kecil:

 

  • Bayam

Sudah bukan rahasia lagi bahwa bayam sangat baik untuk perkembangan otak si Kecil. Bayam hijau mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, asam folat, kalsium, fosfor, zat besi, dan mangan. Sedangkan bayam merah memiliki kandungan kalsium sangat tinggi. Selain itu, bayam merah juga kaya akan vitamin A, B1, C, dan zat besi. Untuk menu MPASI, Anda bisa membuat puree atau bubur bayam. Kombinasikan bersama tim ikan agar si Kecil mendapatkan asupan protein yang cukup.

 

  • Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayur yang termasuk dalam golongan super food, yakni makanan yang mempunyai manfaat super saat dikonsumsi. Brokoli mengandung Folat, Vitamin C, Vitamin K, zat besi dan potasium (kalium) tinggi, selain itu sayur hijau mengandung kadar kalori rendah namun sangat kaya mineral, vitamin, serat dan anti oksidan. Sehingga brokoli sangat baik untuk dikonsumsi semua usia, mulai bayi hingga dewasa. Selain kandungan tersebut, brokoli juga mengandung vitamin yang cukup lengkap, antara lain vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E dan vitamin K. Kreasikan brokoli menjadi puree, dan kombinasikan bersama beras merah atau oat yang dihaluskan. Sebagai variasi, Anda bisa mengiris brokoli untuk dijadikan finger food.

 

  • Wortel

Menu MPASI bayi sesungguhnya tidak sulit, dibandingkan memasak untuk orang dewasa karena saat menyajikan makanan bayi disarankan tidak menggunakan bumbu dapur. Bahan-bahannya pun mudah didapat, karena tahap MPASI adalah proses pengenalan bayi terhadap makanan bertekstur dan berasa.

Wortel adalah salah satu sayuran yang dapat Anda pilih sebagai menu MPASI si Kecil, cukup blender dan buat menjadi bubur, atau Anda bisa parut wortel sebagai campuran bubur halusnya. Wortel mengandung berbagai Vitamin, Mineral, Antioksidan dan Senyawa tumbuhan seperti Beta-Karoten yang baik untuk kesehatan. Untuk melatih kemampuan motorik anak, Anda juga bisa memotong wortel seukuran jari lalu kukus hingga matang, kemudian sajikan.

 

Baca juga : Mengenali Tanda Bayi Anda Sudah Siap Mulai MPASI

 

  • Labu Kuning

Labu kuning memiliki rasa manis dengan tekstur lembut, dan mengandung kaya serat, beta karotena, vitamin B1, vitamin C, kalsium, fosfor, kalium, besi dan natrium. Untuk mengetes kualitasnya, saat membeli labu kuning pastikan masih memiliki gagang dan teksturnya tidak lembek.

Anda bisa kukus labu kuning sampai empuk, dan haluskan hingga lembut untuk dikreasikan menjadi puree. Untuk variasi rasa, Anda juga bisa mengombinasikannya bersama bubur kacang polong.

 

  • Kentang

Kentang adalah bahan makanan kaya karbohidrat yang dapat menjadi sumber energi si Kecil untuk bergerak aktif, oleh karena itu menu MPASI juga harus seimbang antara protein, vitamin dan karbohidrat. Kentang juga mengandung potassium, vitamin C, vitamin B1, B2, dan B3, protein, dan zat besi sehingga baik untuk kesehatan. Untuk membuat menu MPASI, Anda bisa menghaluskan kentang yang sudah dikukus dan campur bersama bubur bayam dan ikan agar si Kecil mendapat nutrisi lengkap.

 

Selain 5 sayuran di atas, Anda bisa juga menggunakan jenis sayur lain seperti labu siam, zucchini, atau jagung manis. Yang terpenting pastikan teksturnya lembut agar si Kecil mudah menelannya. Kuncinya adalah sabar dan lakukan secara bertahap, karena anak harus beradaptasi dengan makanan barunya. 

share :