Sayuran Yang Paling Mudah Dijadikan Finger Food

Wednesday, June 27, 2018

Finger food adalah makanan yang bisa dipegang oleh bayi, untuk melatihnya makan sendiri. Karena dikonsumsi bayi, harus berukuran kecil dengan tekstur lunak, supaya ia lebih mudah mengunyah dan mencegah tersedak.

Memasuki usia 7-8 bulan, biasanya bayi sudah mulai menunjukkan kebiasaan baru. Ia menjadi sangat suka memegang benda dan memasukkannya ke mulut. Juga, bayi akan mulai mengunyah. Ini tandanya Anda sudah bisa menyiapkan finger food!

Tidak perlu repot, berikut jenis sayuran yang paling mudah dibuat menjadi finger food:

 

  1. Kentang

Kupas bersih kulit kentang, potong memanjang seukuran jari. Untuk kentang, Anda bisa merebus atau kukus supaya lebih halus. Kentang mengandung karbohidrat yang baik dikonsumsi sebagai sumber energi.

 

  1. Buncis

Sebelum memberikan buncis untuk si kecil, buang serat buncis terlebih dahulu kemudian cuci sampai bersih. Potong memanjang kira-kira 3-4 cm, selanjutnya rebus hingga lunak. Mengapa buncis? Sayuran hijau yang satu ini mengandung cukup serat yang diperlukan bayi, untuk melancarkan sistem pencernaan.

 

  1. Wortel

Tak diragukan lagi vitamin yang terkandung dalam wortel baik untuk tumbuh kembang anak. Menyiapkan finger food untuk bayi, tidak serepot yang dibayangkan kok, bu. Cukup kupas wortel sampai bersih, kemudian potong memanjang seukuran jari. Untuk wortel anda bisa merebus atau kukus terlebih dahulu hingga lunak.

 

  1. Labu Siam

Untuk menyiapkan finger food dari labu siam, pertama potong menjadi dua bagian kemudian hilangkan getahnya dengan cara menggosok kedua bagian berulang kali. Jika getah sudah mulai hilang, kupas bersih kulitnya, lalu iris memanjang seukuran jari. Rebus hingga lunak dan matang, supaya si kecil mudah memotongnya.

 

  1. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran hijau dengan berjuta manfaat, selain memelihara kesehatan sistem pencernaan juga termasuk sumber makanan anti oksidan yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

Dibandingkan labu siam, Anda harus merebus brokoli lebih lama. Untuk membuat finger food dari brokoli, cukup gunakan bagian bunganya saja dan buang batangnya, kemudian rebus sampai lunak. Dengan teksturnya yang beda dari sayuran lain, otomatis melatih bayi mengenal makanan bertekstur.

 

Utuk membuat finger food, Anda tidak perlu menambahkan bumbu lain, sebab sayuran sudah mempunyai rasa manis alami. Supaya si kecil lebih lahap menyantap makanannya, yuk sajikan finger food dengan Snack Cup dari Tupperware Tiwi Todz. Warna cerianya akan meningkatkan selera makan si kecil, dan ukuran cup sangat sesuai dengan porsinya. Selamat mencoba!

share :