Liburan Akhir Tahun Kemana? Eksplor Sumba Overland, Yuk!

19 December 2018

Liburan yang nggak mengenal musim itu cuma di Bali dan Nusa Tenggara. Coba saja, walaupun di tengah musim penghujan, di daerah ini matahari tetap bersinar cerah sehingga sangat pas untuk kita melakukan perjalanan. Apalagi di Sumba, pulau yang terletak di Indonesia bagian timur ini menyimpan sejuta destinasi untuk dikunjungi.
Kalau Anda belum punya rencana untuk menghabiskan liburan akhir tahun nanti, bagaimana kalau eksplor Sumba Overland saja, yuk! Berikut deretan destinasi yang akan membuat Anda terpesona:

 

  • Suasana Magis di Desa Adat Ratenggaro

Img source: indonesiakaya.com

Kalau Anda bergabung bersama agen travel, destinasi pertama yang biasa dikunjungi adalah Desa Adat Ratenggaro, sebagai permintaan izin untuk menjelajah pulau Sumba yang elok.
Namanya juga desa adat, di sini pasti Anda akan terpesona dengan suasananya. Anda akan dibawa kembali ke zaman megalithikum dimana masih terdapat kuburan batu tua di sekitar area pemukiman.
Warga di desa ini masih menyimpan peninggalan leluhur, seperti rumah adat hingga kuburan batu dengan ciri khas tersendiri.
Rumah Adat Ratenggaro berbentuk rumah panggung yang terdiri dari 4 tingkat, di mana lantai paling bawah digunakan untuk memelihara hewan piaraan. Naik ke tingkat kedua, digunakan untuk tempat tinggal pemilik. Sedangkan tingkat ketiga mereka gunakan untuk menyimpan hasil panen. Nah, lantai di tingkat teratas akan diletakkan tanduk kerbau, sebagai simbol tanda kemuliaan.

 

  • Surga Tersembunyi di Pantai Mandorak

Img source: panorama-jtb.com

Membahas Sumba tak lengkap tanpa mengunjungi pantainya, karena pulau ini adalah surganya para pelancong. Salah satu yang harus dikunjungi adalah Pantai Mandorak, yang berlokasi di daerah terpencil sehingga membuat pantai ini masih alami dan sepi.
Dengan pasir putih bersih berkilau dan gugusan tebing di sekitarnya, membuat air laut berwarna biru jernih memantulkan warna yang cantik. Anda pasti akan betah berlama-lama di sini, walaupun hanya duduk-duduk di tepi. Apalagi jika dilihat dari ketinggian, Anda akan menyaksikan hamparan pasir putih berkilauan dan airnya sangat jernih sampai-sampai koral di bawah air terlihat cukup jelas.

 

  • Kejar Sunset di Pantai Mbawana

Img source: ohayo.co.id

Tahukah Anda kalau Pantai Mbawana masuk ke dalam daftar nominasi Anugerah Indonesia II 2017 sebagai Tujuan Wisata Baru Terpopuler?
Penduduk sering menyebutnya dengan nama Pantai Batu Bolong, karena di pantai ini terdapat tebing batu karang menjorok ke pantai membentuk dinding dengan lubang besar di tengahnya.
Bagi pemburu senja, ini adalah spot terbaik dengan pemandangan luar biasa. Sinar matahari sore yang menembus ke dalam lubang karang akan memancarkan warna yang sangat cantik! Di sini lah spot yang paling tepat untuk mengambil foto diri, sinar matahari akan menghasilkan siluet warna jingga mempesona.

 

  • Bermain Air ke Laguna Weekuri

Img source: pegipegi.com

Saking indah dan alaminya, spot wisata yang harus dikunjungi di Sumba adalah Laguna (danau) Weekuri yang berlokasi di Kabupaten Sumba Barat Daya.
Danau ini sangat unik karena kandungan airnya asin dan payau. Sebenarnya danau ini terbentuk dari air lautan lepas yang berada di sekitar danau. Yang lebih istimewa, di danau ini terdapat beberapa titik sumber mata air yang menghasilkan gradasi warna air danau: biru cerah, biru kebiruan dan biru.
Airnya pun sangat jernih dan tidak terlalu dalam, sehingga sangat pas kalau kesini sambil bermain air dan berenang. Atau kalau mau sekedar foto-foto pun pasti juga akan betah, karena pemandangan dan warna alam disini mempesona indahnya.

 

  • Air Terjun Lapopu

Img source: reyginawisataindonesia.blogspot.com

Ke Sumba nggak lengkap tanpa mampir ke Air Terjun Lapopu, yang juga dikenal sebagai air terjun tertinggi di NTT. Berlokasi di kawasan Taman Nasional Menupeu Tanah Daru dan Laiwangi Wanggameti, air terjun ini memiliki tinggi sekitar 90 meter yang terdiri dari beberapa tingkat sehingga aliran airnya akan menghasilkan efek sangat indah. Airnya pun sangat jernih sampai-sampai batuan di dalam airnya terlihat jelas. Wow, pasti akan menjadi perjalanan tak terlupakan!

 

  • Bukit Wairinding, Pesonanya Bikin Merinding

Img source: indonesiakaya.com

Menjelajahi Sumba itu tak akan pernah ada habisnya, ada sekian banyak surga tersembunyi yang harus dijelajah. Beralih ke Sumba Timur, kondisi topografi alamnya yang didominasi rangkaian pegunungan menjadikan alam disini.
Salah satu yang bikin merinding adalah Bukit Wairinding yang berlokasi di Kecamatan Pandawai, padang rumputnya yang luas terlihat sangat mempesona. Ditambah dengan hamparan padang savana luas menambah nuansa eksotik Sumba.
Kalau Anda datang pada musim kemarau, padang rumput akan berwarna kekuningan layaknya di Afrika, sedangkan pada musim penghujan padang savana berwarna hijau cerah sehingga akan memanjakan mata kita. Jadi nggak sabar bertualang kesini, ya.


Itulah beberapa surga yang bisa Anda kunjungi kalau ke Sumba, masih ada banyak destinasi menakjubkan lainnya. Ayo segera pesan tiket perjalanan agar liburan nanti tidak hanya berdiam diri di rumah saja. Pastikan saat liburan nanti kita harus selalu jaga kebersihan lingkungan sekitar, ya. Kalau perlu bawa botol minum agar kita tidak menambah sampah plastik di sana. Selamat menjelajahi Sumba!

 

Baca juga:

Liburan Keren ke 5 Hutan Mangrove Ini, Yuk

Tips Backpacker-an Nyaman Untuk Pemula

Bagikan artikel ini melalui :

Kembali ke daftar artikel

;