5 Alasan Kamu Harus Bawa Bekal Ke Kampus

03 January 2019

Kalau mama selalu membuatkan bekal makan siang untuk dibawa ke sekolah atau kampus, itu bukan hanya alasan mama saja, lho. Tahukah kamu membawa bekal itu bukan hanya untuk anak TK atau SD saja, tapi mahasiswa sampai pegawai kantoran pun sangat direkomendasikan untuk membawa bekal makan siang sendiri dari rumah. Apa ada alasannya?

 

Kualitas Gizi dan Kebersihan Lebih Terjamin

Kenapa sih mama selalu bangun lebih pagi dan menyempatkan untuk membuatkan keluarga tercintanya sarapan dan bekal makan siang? Inilah yang namanya kasih sayang seorang ibu, mama mau suami dan anak-anaknya tetap sehat dengan mengonsumsi makanan yang dimasak di rumah. Karena mama tahu pasti bahwa makanan dan jajanan yang dijual di kantin belum tentu higienis dan bumbunya belum tentu cocok.
Kalau mama yang masak, semua diperhatikan mulai dari kualitas sayuran dan bahan makanan, bumbu yang digunakan, penggunaan gula dan garam yang tidak berlebihan, sampai minyak yang digunakan harus dipastikan sehat. Kalau saat memasak saja sudah higienis dan sehat, tentunya masakan yang dihasilkan juga semakin menyehatkan. Nah, sekarang masih mau menolak membawa bekal ke kampus?

 

Bawa Bekal = Bentuk Cinta Terhadap Lingkungan

Pasti kamu sudah sering melihat postingan mengenai sampah di linimasa media sosial, seperti apa parahnya sampah yang kita produksi setiap hari sampai-sampai kumpulan sampah ini mengalir ke lautan dan mencemari biota yang hidup di dalamnya. Yang lebih miris, banyak binatang laut yang menganggap sampah ini adalah makanan. Akibatnya ada banyak kasus mamalia laut yang ditemukan mati dengan sampah di dalam perutnya.
Sampai di sini, kamu masih mau membeli makanan dan minuman menggunakan plastik sekali pakai?
Coba bandingkan jika kita membiasakan membawa bekal makanan dan minuman setiap hari, ada berapa banyak plastik yang bisa dihemat dan berapa jumlah sampah yang akan berkurang? Membawa botol minum dan wadah makan sendiri setiap hari untuk beraktivitas adalah salah satu cara untuk mengurangi produksi sampah di bumi.

 

Hemat Pengeluaran

Dimasakin mama atau masak sendiri, membawa bekal ke kampus setiap hari akan bermanfaat untuk menghemat pengeluaranmu, lho. Nggak percaya?
Coba hitung kalau biaya sekali makan di kantin bisa mencapai Rp20ribu, dalam seminggu kamu akan menghabiskan uang jajan sekitar Rp100ribu. Coba kalau kamu membawa bekal sendiri dari rumah, kamu bisa berhemat uang makan. Selain itu kamu bisa membawa menu bekal yang benar-benar sehat karena sudah disiapkan oleh mama di rumah. Tidak seperti di kantin, menu makanannya sangat terbatas bahkan kurang higienis. Uang jajan bisa ditabung untuk membeli benda yang sudah kamu incar lama. Jadi bisa kebeli deh gadget dan kamera baru! Bagaimana, masih mau jajan di kantin?

 

Meningkatkan Kreatifitas

Tanpa disadari, kebiasaan membawa bekal setiap hari akan dapat meningkatkan kemampuan memasak dan kreatifitas, lho. Terutama buat kamu yang sering masak sendiri, nih. Bagaimana tidak, kalau setiap hari kita membawa bekal pastinya dengan menu yang berbeda. Kalau setiap hari menunya sama tentu kita akan bosan, kreasi varian menu ini lah yang harus diterapkan supaya kita tidak bosan membawa bekal makan siang setiap hari.
Cara paling tepat supaya kamu bisa berkreasi dengan menu bekal makan siangmu adalah rajin mencari resep terbaru, dan agar tidak perlu belanja setiap hari kamu bisa menerapkan teknik meal preparation, setidaknya untuk daftar menu selama seminggu.

 

Kalau membawa bekal setiap hari bisa membawa manfaat sebesar ini, kenapa harus ditunda? Yuk mulai hidup sehat dengan bawa bekal ke kampus, dan tularkan kebiasaan baik ini ke teman-temanmu.

 

Baca Juga:
Resolusi 2019: Diet Apel, Badan Sehat dan Langsing
Diet Plastik, Langkahkah Kecil Untuk Selamatkan Bumi

Bagikan artikel ini melalui :

Kembali ke daftar artikel

Produk terkait

;