Cintai Lingkungan Dengan Pakai Reusable Straw, Yuk

18 October 2018

Negara kita kembali menjadi sorotan media internasional karena adanya penemuan sampah plastik di laut. Wow, apakah kita memproduksi sampah sebanyak itu?

 

Satu perubahan kecil memang belum bisa mengubah seluruh dunia, namun kalau bukan kita, siapa lagi yang harus menjaga lingkungan tetap hijau?

 

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi sampah plastik, diantaranya:

  1. Membawa bekal makanan menggunakan wadah untuk berkali-kali pakai
  2. Membawa botol minum sendiri
  3. Membawa tas belanja sendiri

 

Ketiga cara ini pasti berlaku di kegiatan sehari-hari, bukan?

Coba bayangkan, saat makan siang ketika kita membeli makanan di warung makan, penjual selalu menggunakan plastik sekali pakai. Kalau haus, otomatis membeli air minum botolan di minimarket yang akan langsung dibuang begitu isinya habis. Pernahkah terbayang, kalau semua orang melakukan kebiasaan ini setiap hari, ada berapa ton sampah plastik yang menumpuk? 

 

 

Faktanya, Sedotan Sekali Pakai Menjadi Penyumbang Sampah Nomor 5 Terbesar di Dunia
Apalagi bagi Anda yang hobi membeli kopi atau minuman manis di kedai, pernah memperhatikan sedotan yang digunakan? Hampir semua kedai minuman menggunakan sedotan plastik sekali pakai, lho. 
Rata-rata setiap orang menggunakan 1-2 sedotan plastik setiap hari, dan akan berakhir di sampah bahkan lautan. Dengan bahan produksi plastik, sedotan akan menjadi sampah yang tidak bisa diurai.

Ayo mulai bergerak, cintai lingkungan dengan mengubah pola hidup. Saat ini sudah banyak dijual sedotan reusable dari berbagai bahan. Setidaknya, langkah kecil kita akan menjadi contoh untuk orang lain dan bermanfaat untuk menyelamatkan lingkungan hidup.

 

  • Sedotan Stainless Steel

sajiansedap.grid.id

 

Biasanya ada dua jenis sedotan berbahan stainless steel yang dijual : bentuk lurus dan bengkok. Sedotan ini bisa digunakan berulang kali, dan bersifat aman. Cara membersihkannya pun mudah, biasanya Anda akan mendapatkan sikat pembersih untuk satu paket pembelian sedotan. Cuci menggunakan sabun pencuci piring, lalu bilas menggunakan air panas untuk membersihkan lubang sedotan lebih bersih. Menggunakan sedotan stainless pun tidak akan mengubah rasa minuman, kok.

 

  • Sedotan Bambu

kickstarter.com

 

Kalau mau menggunakan bahan yang lebih alami, sedotan bambu pilihannya. Terbuat dari bambu asli tanpa pemrosesan dan kompresi, sedotan bambu ini juga sangat aman digunakan.
Sedotan bambu mudah didapatkan, karena sebenarnya sudah cukup lama muncul di pasaran. Namun karena kampanye anti plastik kembali viral, sedotan bambu menjadi tren yang tak terpisahkan.

 

  • Sedotan Akrilik

foody.id

 

Sedotan berbahan akrilik juga bisa menjadi pilihan, apalagi bagi Anda yang unik. Karena biasanya sedotan ini tidak dijual dalam satu warna saja, namun ada yang menjual set sedotan dengan warna cantik dan beragam motif.
Namun, sedotan akrilik memiliki kelemahan yaitu mudah retak bila terjatuh atau dicuci berulang. Jadi, harus berhati-hati saat menggunakannya, ya.

 

  • Sedotan Silikon

paragram.id

 

Tahukah Anda, sedotan berbahan silikon juga bisa dipakai ulang dan mudah dibersihkan. Seperti dot bayi yang menggunakan silikon, sehingga aman tidak akan merusak gigi. Bahan silikon juga tidak menghantarkan panas, sehingga aman untuk minuman hangat maupun dingin.

 

Tidak ada lagi alasan untuk memproduksi lebih banyak sampah, kan?
Cintai lingkungan dengan biasakan membawa botol minum untuk beraktivitas, dan mulai gerakan tolak sedotan sekali pakai!

Bagikan artikel ini melalui :

Kembali ke daftar artikel

;