Resolusi 2019: Diet Apel, Badan Sehat dan Langsing

26 December 2018

Siapa sih yang tidak mau memiliki badan langsing dan ideal?
Bagi mereka yang punya tubuh plus-size mungkin saja sudah putus asa. Ada yang sudah melakukan bermacam diet; mulai dari Diet Keto, Diet Salad, Diet Karbo, sampai setiap hari rutin mengonsumsi air lemon dengan harapan melunturkan lemak lebih cepat.
Namun banyak juga dari mereka yang tidak berhasil menjalankan program diet ini. Bukannya berat badan yang turun, tapi malah stabil bahkan jarum timbangan justru bergerak ke kanan. Nah, kalau Anda termasuk salah satunya yang ingin menurunkan berat badan tapi sudah kehabisan cara, mungkin Anda perlu mencoba diet apel. Selain lebih sehat, juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit, lho.

 

Mengapa Apel?
Apel disebut sebagai buah yang kaya gizi, baik untuk menjaga kesehatan sekaligus melancarkan program diet. Apel kaya akan mineral, vitamin, serat, kalori dan zat baik lainnya.
Serat pada apel dapat mengikat molekul lemak dalam tubuh untuk dikeluarkan. Kandungan serat juga membuat perut kenyang lebih lama.
Tak hanya itu, apel mengandung senyawa flavanoid yang mampu mencegah kerusakan sel dalam tubuh, meluruhkan lemak serta berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Senyawa flavanoid ini bermanfaat menurunkan berat badan secara alami setiap harinya, lho.

 

Aturan Menu Saat Melakukan Diet Apel
“Kata orang, selama proses diet kita hanya boleh makan apel dan air putih saja? Duh kalau caranya seperti ini takut nanti malah kelaparan dan kepala jadi pusing”.

 

 

Jangan khawatir, nama programnya memang diet apel namun bukan berarti tidak boleh mengonsumsi makanan lainnya. Agar proses diet berjalan lancar tanpa kekurangan nutrisi, terapkan aturan menu berikut ini, yuk:

 

  • Hari Pertama

Untuk memulai diet, pada hari pertama Anda memang hanya diperbolehkan mengonsumsi apel saja. Termasuk saat sarapan, makan siang dan makan malam.

Untuk menu sarapan Anda bisa makan 2 buah apel. Sedangkan saat makan siang, konsumsilah 1 buah apel. Nah ketika jam makan malam tiba Anda bisa menyantap 3 buah apel.

Selain apel, imbangi konsumsi air putih untuk mengurangi resiko dehidrasi. Jangan takut merasa lapar, karena kandungan kalori dan glukosa yang terdapat dalam apel akan bantu mencukupi kebutuhan energi seharian.

 

  • Hari Kedua

Mulai hari kedua Anda bisa mengonsumsi makanan selain apel, namun pastikan jenis makanan yang disantap bernutrisi dan rendah lemak, ya.

Untuk sarapan, Anda bisa pilih susu kedelai atau susu rendah lemak bersama 1 buah apel. Saat jam makan siang tiba, Anda bisa menyantap 1 buah apel dan salad sayuran. Supaya diet lebih optimal, gunakan dressing salad minyak zaitun dan perasan lemon saja ya agar tidak menambah lemak dalam tubuh. Atau Anda juga bisa menggunakan dressing lain yang rendah lemak supaya salad tetap lezat disantap.

 

  • Hari Ketiga

Di hari ketiga, Anda bisa menambahkan sumber karbohidrat dan protein untuk menambah energi lebih banyak.

Pada jam sarapan, Anda bisa konsumsi 1 buah apel + 1 lembar roti gandum dan telur orak arik. Yang perlu diingat adalah: gunakan minyak zaitun untuk membuat telur orak arik sehingga rendah lemak.
Sedangkan saat makan siang, makanlah 1 buah apel, salad dengan isian varian sayuran dan irisan daging ham.
Untuk makan malam, Anda bisa mengonsumsi 1 buah apel, wortel dan brokoli rebus. Sebagai sumber protein, pilih daging kalkun atau irisan dada ayam rebus atau panggang.

 

  • Hari Keempat

Memasuki hari keempat, Anda bisa makan 1 buah apel, roti gandum dan sepotong daging tanpa lemak sebagai menu sarapan.
Untuk makan siang, Anda bisa mengonsumsi makanan seperti biasa, yang terdiri dari apel, salad hijau dan daging sapi panggang. Nah, agar diet lebih optimal ambil beberapa buah apel untuk menu makan malam.

 

  • Hari Kelima

Di hari kelima Anda bisa menambahkan sumber energi seperti telur rebus dan selembar roti gandum bersama 1 buah apel sebagai menu sarapan.
Untuk makan siang, pilih 1 buah apel bersama sayuran rebus dan daging sapi panggang tanpa lemak. Lanjutkan program diet dengan konsumsi apel pada malam hari, ya.

 

Jika Anda mengikuti seluruh menu diet selama 5 hari, lanjutkan hari keenam dengan konsistensi menu, ya. Yang terpenting adalah protein dan karbohidrat sebagai sumber energi. Namun pastikan pilih sumber protein sehat dan karbohidrat kompleks yang tinggi serat, sehingga tidak ada lemak dan glukosa yang tertimbun dalam tubuh. Lakukan selama seminggu dan lihat hasilnya!

 

Baca Juga:
5 Inspirasi Bekal Lezat Untuk Penyintas Diabetes
Siapkan Bekal Makan Untuk Suami, Lebih Praktis Dengan Meal Prep

Bagikan artikel ini melalui :

Kembali ke daftar artikel

Produk terkait

;