Diet Paleo : Turunkan Berat Badan, Kulit Halus Bebas Jerawat

03 October 2018

Sudah mencoba bermacam jenis diet, tapi berat badan belum juga turun. Kalau begitu, Anda perlu mencoba tren diet baru yang namanya Diet Paleo. Apa bedanya dengan diet lainnya? 
Pada dasarnya diet ini berawal dari kepercayaan bahwa tubuh manusia lebih cocok menerima asupan seperti zaman manusia purba, yakni makan dari hasil berburu. Pada periode ini manusia hanya memakan ragam tumbuhan dan hewan buruan, jika dibandingkan dengan zaman sekarang pun akan sangat berbeda.
Di era digital sekarang, ada bermacam varian makanan yang ditawarkan dengan beragam bumbu pelengkap dan pengawet. Coba bandingkan dengan zaman prasejarah, di mana mereka hanya menyantap makanan alami saja.

 

Manfaat Menjalani Diet Paleo
Mengutip dari Loren Cordain, PhD yang menulis buku The Paleo Diet, bahwa Anda akan mendapatkan tubuh lebih ramping dan memiliki resiko kecil untuk terkena penyakit diabetes, jantung, kanker dan masalah kesehatan lainnya jika mengikuti pola makan seperti nenek moyang di zaman prasejarah.
Dengan menerapkan Diet Paleo secara rutin, Anda dapat mengurangi beban glikemik tubuh serta mengurangi asam lemak jenuh. Selain itu tubuh akan mendapat asupan vitamin lebih dan memiliki keseimbangan protein, lemak dan karbohidrat.
Tak hanya itu, karena asupan dalam Diet Paleo kaya akan protein dan serat, sehingga berat badan akan turun lebih cepat, lho.

 

 

Cara Menjalani Diet Paleo
Karena berpedoman pada pola makan manusia prasejarah, Diet Paleo menitikberatkan pada asupan makanan alami seperti:

  • Daging tanpa lemak
  • Ikan yang kaya asam lemak omega 3 (contoh: salmon, makarel, tuna)
  • Buah-buahan
  • Sayuran
  • Telur
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian
  • Minyak alami (minyak zaitun, minyak kelapa, minyak kenari)

 

Lalu, apakah ada makanan yang tidak boleh dikonsumsi?

 

  • Susu dan produk olahan susu
  • Gandum, oat dan barlet
  • Kacang tanah, kacang polong
  • Gula halus
  • Garam
  • Kentang
  • Minyak yang sudah mengalami banyak proses

 

Poin utama selama menjalani Diet Paleo adalah memperbanyak protein dan serat, serta mengurangi asupan gula dan karbohidrat.
Anda tidak perlu lagi menghitung berapa kalori yang harus dikonsumsi atau dibatasi, karena asupan buah, sayuran serta daging tanpa lemak pastinya sudah mencukupi kalori yang dibutuhkan.

 

Karena ada pembatasan porsi karbohidrat dan gula, Diet Paleo diasumsikan cocok untuk mereka penderita diabetes.

 

Diet Paleo memang masih menganjurkan untuk mengonsumsi karbohidrat, asalkan berasal dari sumber dengan indeks glikemik rendah.
Selain itu diet ini memfokuskan pada makanan kaya protein dan serat, sehingga sangat bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah.
Karena rendah gula namun kaya nutrisi baik, Diet Paleo mampu memperbaiki fungsi organ dalam tubuh juga, lho. Lebih sehat dengan gizi seimbang!

Bagikan artikel ini melalui :

Kembali ke daftar artikel

;