Diet Raw Food, Langsing Sekaligus Sehat

23 November 2018

Beberapa tahun ini ada yang mulai mengikuti gaya hidup sehat? Sebenarnya lifestyle ini menguntungkan buat kita lho, terutama untuk kesehatan tubuh. Bagaimana tidak, dengan menerapkan gaya hidup sehat artinya kita hanya akan mengonsumsi makanan sehat ditambah dengan rutin berolahraga. Coba ingat-ingat lagi tentang rumus hidup sehat, pasti tidak jauh dari makanan sehat dan olahraga. Nah, kalau Anda ingin mencoba tren sehat baru, wajib banget tahu yang namanya diet Raw Food. 

 

Apa Itu Diet Raw Food?
Diet raw food sudah dimulai sejak era berburu, ketika api hanya digunakan untuk membuat peralatan berburu, bukan memasak. Pada saat itu, makanan dikonsumsi dalam keadaan mentah. Sayuran, buah-buahan dan biji-bijian.

Namun sebenarnya, di Indonesia diet makanan mentah bukanlah kebiasaan baru. Banyak ditemukan pada menu masakan Sunda misalnya, setiap makan ikan goreng selalu disantap bersama lalap sayuran mentah. Selain itu ada pula karedok, dan untuk menu Western kita juga sudah mengenal salad yang terdiri dari sayuran mentah.

Diet Raw Food adalah salah satu pola makan yang menjunjung tinggi prinsip back to nature, di mana semua makanan disantap secara mentah tanpa melalui proses memasak.

Dalam buku The Raw Food Revolution, disebutkan bahwa makanan yang dikonsumsi dalam pola diet makanan mentah hanya jenis sayuran, buah dan biji gandum. Untuk mendapat beragam zat gizi, sayuran yang dipilih harus terdiri dari beragam warna. 

 

 

Daftar Makanan Yang Dikonsumsi
Seseorang baru bisa dikatakan mengikuti diet raw food apabila 75% menu makanannya dalam sehari terdiri dari makanan mentah. Namun apabila Anda mengonsumsi salad sehari sekali, Anda belum bisa dikatakan sebagai penggiat raw food.
Tertarik mengikuti diet ini? Berikut daftar makanan yang harus dikonsumsi:

  • Semua buah segar
  • Semua sayuran segar
  • Buah kering
  • Daging kering
  • susu kacang
  • Rumput laut
  • Jus buah asli tanpa gula
  • Air kelapa muda
  • Air yang disaring

 

Aturan Menjalankan Diet Raw Food

Tidak semua makanan bisa dimakan mentah karena dikhawatirkan adanya bakteri di dalam bahan makanan tersebut. Jika Anda ingin melakukan diet makanan mentah, berikut aturan pentingnya agar tubuh tetap sehat:

 

Hindari makanan yang dimasak
Satu prinsip utama saat menjalankan diet raw food adalah menghindari memasak makanan di suhu lebih dari 46 derajat Celcius, karena suhu ini akan kehilangan sebagian enzimnya dan membuat makanan lebih sulit dicerna.
Pengolahan makanan biasanya hanya dibolehkan menggunakan food processor, dehidrator dan blender saja.

 

Gunakan air yang sudah difilter
Bukan hanya makanan mentah, namun air minum pun juga tidak boleh dimasak. Anda tidak perlu khawatir, pastikan saja air di rumah sudah disaring dan steril sehingga bisa langsung dikonsumsi. Air yang sudah steril akan sangat baik untuk memproses hidangan raw food seperti smoothies atau jus buah.

 

Gunakan bahan makanan organik
Mau diet raw food total? Karena makanan akan dikonsumsi mentah, pastikan Anda hanya membeli bahan makanan organik saja karena sayuran non-organik dikhawatirkan mengandung pestisida yang berbahaya bagi tubuh.

 

Mau konsumsi kacang-kacangan? Rendam dulu, ya
Bukan hanya sayuran saja yang tidak boleh diolah, sumber protein nabati seperti kacang-kacangan juga tidak boleh diolah, lho. Jenis kacang seperti mede, almond, atau hazelnut sebaiknya direndam ke dalam air terlebih dahulu supaya rasa pahitnya bisa hilang.

 

Hindari produk telur serta susu dan olahannya
Tidak semua makanan bisa dimakan mentah, salah satunya produk telur dan susu. Kandungan bakteri di dalamnya dikhawatirkan akan membahayakan tubuh jika tidak dipanaskan terlebih dahulu. Jadi sebaiknya hindari jenis makanan ini, ya.

 

Manfaat Raw Food Bagi Tubuh
Ada alasan mengapa diet raw food tidak memperbolehkan memasak makanan di atas suhu 46 derajat Celcius, yakni supaya enzim di dalamnya tidak rusak.
Mengolah makanan pada suhu panas juga dipercaya dapat mengurangi nilai gizi suatu makanan, karena sebagian besar vitamin dan mineral akan hilang.

 

Disamping alasan tersebut, diet makanan mentah diklaim dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Memberikan energi lebih banyak
  • Memperbaiki kesehatan kulit
  • Meningkatkan kinerja sistem pencernaan
  • Menurunkan berat badan
  • Menurunnya risiko untuk menderita penyakit degeneratif, teruama penyakit yang berhubungan dengan kesehatan kardiovaskular

 

Apapun pilihan diet Anda, pastikan sesuai dengan kebutuhan tubuh, ya. Konsultasikan kepada ahli medis terlebih dahulu, diet apa yang terbaik bagi Anda.

Bagikan artikel ini melalui :

Kembali ke daftar artikel

;