Inspirasi Menu Bekal Ke Kampus, Praktis dan Lezat!

03 January 2019

Ada banyak alasan orang memulai kebiasaan membawa bekal makan siang sendiri. Ada yang ingin berhemat, ada yang ingin hidup sehat, ada juga yang membawa bekal karena kepeduliannya terhadap lingkungan. Kebiasaan baik ini pun sebaiknya dimulai sejak dini, kalau bisa saat masuk sekolah supaya nanti terbawa sampai dewasa. Karena membawa bekal bukan hanya untuk anak TK dan SD saja, lho. Mahasiswa perguruan tinggi pun harus mulai peduli terhadap kelestarian lingkungan.


Kalau dilihat dari tingkat kepedulian terhadap lingkungan, coba kamu bayangkan jika semua orang punya kebiasaan membeli makan di kantin. Ada berapa banyak kantong plastik sekali pakai yang dipakai? Pernah terpikirkah dibuang kemana sampah-sampah ini, padahal seperti kita tahu bahwa plastik adalah benda anorganik yang tidak bisa diurai.


Memulai membawa bekal pun tidak harus repot kok, kamu bisa kreasikan menu yang praktis saja. Berikut inspirasi menunya:

 

Jika membahas tentang bekal, yang terlintas di kepala pertama kali biasanya kombinasi nasi lengkap dengan sayur dan lauk yang biasa dibuat mama. Kebayang juga kan repotnya memasak semua menu ini? Apalagi kalau kamu sekarang nge-kost, pasti perlu menu yang praktis dibuat. Tuna Sandwich ini adalah salah satu rekomendasinya. Enak, mengenyangkan dan pastinya bergizi.
Kamu bisa gunakan roti gandum supaya lebih sehat, dan untuk isiannya bisa kombinasikan ikan tuna suwir bersama varian sayuran supaya bekal makan siangmu lebih sehat. Agar kamu juga mendapatkan asupan vitamin, boleh lho menambahkan buah utuh sebagai sampingan.

 

Tahukah kamu, menu yang paling praktis disiapkan adalah kreasi ayam. Setelah belanja, ungkep dan simpan ke dalam freezer. Salah satu menu yang wajib dicoba adalah ayam bakar praktis. Hanya menggunakan bumbu-bumbu biasa seperti cabe merah, cabe rawit, ketumbar, garam dan bumbu dapur praktis lainnya saja, lho. Setelah ayam diungkep bersama bumbu dapur sampai meresap, panggang ayam di atas fry pan sampai matang dan berwarna kecoklatan. Waah, ayam bakar praktis ini akan menjadi menu lezat untuk dibawa ke kampus. Jika tidak ingin dipanggang, kamu bisa olah menjadi potong ayam seukuran dadu dan tumis bersama brokoli. Lezat dan sehat!

 

Membuat menu sehat tidak harus repot, contohnya Mix Veggie Lovers ini. Cukup siapkan varian sayuran seperti brokoli, wortel, jamur, udang dan bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, jahe dan bawang bombay untuk menumis.
Untuk memasaknya kamu tidak membutuhkan waktu lama, paling hanya lima menit saja sampai bumbu dan sayuran setengah matang. Yang perlu diingat saat memasak tumis sayur adalah memasaknya sebentar saja ya, agar sayuran tetap fresh dan tidak layu. Menumis sayuran terlalu lama justru akan menghilangkan vitamin di dalamnya, jadi paling aman masak ¾ matang saja, ya.

 

Bosan dengan menu lokal, kamu bisa beli pasta kering saja dan kreasikan menjadi masakan Italia. Yaitu Pesto Pasta, kombinasikan bersama salad sayur dan salmon panggang serta saus pesto. Duh, siapa yang tidak tergoda dengan sajian ala Italia ini?
Cara memasaknya praktis, kandungan gizinya pun lengkap. Ada sumber protein dari salmon, karbohidrat dari pasta dan vitamin dari salad sayuran. Dijamin teman-teman di kampus akan iri dengan menu makan siangmu.

 

Pengen makan nasi hainam, tapi kalau ke restoran pasti mahal. Kantong mahasiswa nggak bisa terus-terusan makan di restoran, bisa jebol. Jangan khawatir, kamu juga bisa membuat nasi ayam hainam sendiri di rumah, kok. Apalagi kalau punya Tupperware Pocket Cooker. Tinggal tuang semua bahan ke dalam cooker, dan masak ke dalam microwave selama 12 menit. Nasi ayam hainam ala restoran favorit pun langsung tersaji, dan bisa dibawa ke kampus untuk bekal makan siang. Yummy!

 

Kalau sudah ada rekomendasi menu yang praktis dan lezat untuk dibawa ke kampus, sudah nggak ada alasan menolak bawa bekal, kan? Lebih lezat, lebih sehat dan lebih hemat pastinya. Yuk mulai sejak sekarang!

 

Baca Juga:
5 Inspirasi Bekal Lezat Untuk Penyintas Diabetes
Siapkan Bekal Makan Untuk Suami, Lebih Praktis Dengan Meal Prep

Bagikan artikel ini melalui :

Kembali ke daftar artikel

Produk terkait

;