Acroyoga: Bukan Sekedar Yoga Biasa. Banyak Manfaatnya!

04 December 2018

Olahraga memang sedang menjadi tren beberapa tahun belakangan, dan senangnya banyak orang yang antusias untuk mulai gaya hidup sehat ini.

Sebut saja mulai dari berlari, marathon, sepeda, renang, fitnes, senam zumba, dan yang paling ngetop adalah yoga. Sampai-sampai sekarang muncul banyak studio yoga dan berlomba mendapatkan sertifikat mengajar.

Yoga sendiri juga tidak berdiri sendiri, ada bermacam jenis yoga yang bisa dipelajari, dan dikategorikan sesuai dengan tingkat kesulitannya. Salah satu jenis yoga yang sedang hits adalah Acroyoga. Anda pernah mendengar sebelumnya?

 

Apa Itu Acroyoga?
Acroyoga adalah salah satu jenis yoga yang pertama kali dikenalkan pada 2004 di mana dalam setiap gerakannya memadukan yoga, penyembuhan, sekaligus akrobat sehingga gerakan yang dilakukan sangat indah walaupun terlihat rumit.

Acroyoga biasanya dilakukan oleh dua orang berpasangan, sehingga kunci utama suksesnya olahraga ini yaitu trust (kepercayaan). Jika rasa saling percaya sudah terbangun satu sama lain untuk saling menguatkan, maka Acroyoga terasa lebih menyenangkan.

 

Peran Masing-Masing Peserta Acroyoga
Dalam melakukan Acroyoga ada 3 peran yang dilakukan yaitu:

  • Base : merupakan orang yang berperan untuk menyangga tubuh partner yang sedang melakukan suatu gerakan. Saat menjadi base, hampir semua tubuhnya menyentuh lantai.
  • Flyer : adalah orang yang disangga. Bisa dikatakan juga sebagai orang yang melakukan gerakan Acroyoga. Berbeda dengan base, karena disangga maka tubuh seorang flyer tidak menyentuh lantai.
  • Spotter : peran ketiga yang siap membantu base atau flyer saat terjadi kesalahan dalam gerakan, serta menjaga keduanya tetap seimbang.

 

Benefit Melakukan Acroyoga

Acroyoga memang sedang hits, terutama di kalangan selebritis. Tapi ternyata bukan sekedar tren, olahraga ini juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, lho.

 

Melatih Kekuatan Otot
Acroyoga memang sebaiknya dilakukan oleh yang sudah melalui tahapan kelas yoga, karena gerakan yang dilakukan akan dianggap ekstrim bagi orang awam.
Tapi, gerakan melayang atau terbang di atas kaki akan bantu mengaktifkan otot perut dan otot kemaluan sehingga lebih kuat.

Yang perlu diingat adalah, sebelum memulai Acroyoga perlu lakukan gerakan pemanasan seperti yoga agar tidak terjadi cidera. Apalagi kalau Anda jarang olahraga, harus ada pemanasan cukup sebelumnya, ya.

 

Melatih Keberanian
Mengingat gerakannya yang cukup rumit, Acroyoga adalah olahraga yang butuh keberanian untuk melakukannya. Saat tidak berani mencoba maka Anda harus melawan mental dalam diri bahwa Anda yakin bisa melakukannya. Namun sekali lagi, untuk melakukan Acroyoga tidak harus dipaksakan, ya.  

 

Membentuk Tulang
Jika Anda memiliki masalah dengan postur tubuh, gerakan acroyoga seperti kayang di atas kaki dapat membantu menegakkan tulang punggung yang bungkuk, juga mengurangi rasa sakit pada pinggang. Orang yang terbiasa melakukan gerakan ini tentunya akan merasakan manfaatnya pada tubuh, menjadi lebih ringan.

 

Melatih Kesabaran
Melakukan gerakan acroyoga itu sama saja dengan menguji kesabaran. Bagaimana tidak, contohnya saat berdiri satu kaki dengan kondisi tangan dinaikkan ke atas, pasti tubuh merasa gemetaran. Di sini lah kita dituntut untuk bersabar selama melakukan setiap gerakan.

 

Acroyoga Untuk Pemula
Bagi pemula, tak perlu khawatir. Di setiap studio yoga para trainer pasti sudah siap untuk mengajarkan gerakan-gerakan awal, yang ternyata tidak terlalu sulit, kok.

  • Biasanya pada pertemuan perdana Anda akan diajak untuk melakukan plank on plank, front plank dan back bend.
  • Gerakan selanjutnya adalah pose Birdy, dengan meluruskan tubuh di atas telapak kaki partner seolah melayang seperti burung.

  • Setelah bisa mengatur napas dengan baik, akan dilanjutkan dengan pose free bird. Gerakannya hampir sama dengan birdy, namun satu per satu tangan dilepas dan diposisikan lurus ke depan.

  • Nah, jika Anda sudah menguasai kedua pose Birdy dan Free Bird, maka gerakan selanjutnya akan lebih rumit. Yakni melayang, dengan kedua tangan memegang ujung kaki ke arah luar.

 

Mau pilih fitness, yoga, atau acroyoga pastikan saja Anda sudah konsultasikan dengan ahli medis ya.. Karena setiap orang pasti memiliki postur tubuh berbeda sehingga memerlukan jenis olahraga yang tidak sama pula. Selamat menjalankan hidup sehat!

 

Baca juga: 
Ayo Kenalan Dengan Olahraga EMS
5 Jenis Yoga Dan Manfaatnya Untuk Tubuh

Bagikan artikel ini melalui :

Kembali ke daftar artikel

;