Multigrain, Lebih Sehat Dari Gandum. Benarkah?

10 January 2019

Bagi orang Indonesia, rasanya belum makan kalau belum menyantap nasi. Walaupun sudah makan martabak, pizza, bakso, gorengan dan beragam jenis kue. Tetap saja perut rasanya lapar dan membutuhkan nasi. Padahal seperti kita tahu, nasi putih mengandung karbohidrat dan glukosa cukup tinggi sehingga para ahli medis kurang merekomendasikan nasi putih.
Karena alasan ini lah nasi merah dan ragam lain seperti beras hitam dan coklat muncul, sebagai pengganti nasi putih, yang mengandung lebih banyak serat serta rendah karbohidrat sehingga baik dikonsumsi terutama untuk mereka yang menderita diabetes dan yang sedang dalam program diet.

 

Apa Itu Multi Grain?
Ternyata tidak hanya mengganti nasi putih menggunakan beras merah, namun yang sedang menjadi tren saat ini adalah menggabungkan beragam jenis beras, biji-bijian, kacang-kacangan atau gandum-ganduman. Inilah mengapa disebut dengan multi grain, dimana makanan yang kita konsumsi adalah campuran dari beragam bahan makanan bernutrisi, berasal dari gandum dan biji-bijian.

Multi grain tidak hanya menggabungkan beberapa macam beras, namun bisa divariasikan seperti beras putih dan kacang polong ; gabungan beras coklat, kacang polong, kacang merah, kacang kedelai hitam, jali, beras ketan hitam, barley dan sorghum; atau bisa juga ditambah dengan beras putih, beras merah, beras hitam, kacang hijau, beras ketan, jagung, wijen dan millet.

Setiap biji-bijian ini tentu saja memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Beras hitam misalnya, mengandung antioksidan antosianin yang disebut mampu melawan kanker, penyakit antung dan masalah kesehatan lainnya.

Beras merah juga mengandung kaya serat, yang akan membuat perut kenyang lebih lama dan memperlancar sistem pencernaan. Kandungan kalsium dan magnesium yang dibutuhkan tulang dan gigi uga terdapat pada beras merah, lho. Sehingga mengonsumsi beras merah secara rutin sangat baik untuk menjaga kekuatan tulang tubuh.

Sedangkan kacang kedelai hitam kaya akan kandungan isoflavon dan zat aktif untuk melawan kanker. Kacang jenis ini juga memiliki kandungan serat, protein dan antosianin yang tinggi untuk mengurangi risiko penyakit jantung, arthritis dan kelebihan berat badan.

 

Bagaimana Cara Memasaknya?

  • Karena multi grain termasuk menggantikan nasi, cara memasaknya pun sangat mudah dan sama seperti kita akan memasak nasi.
  • Cuci hingga bersih
  • Masukkan ke dalam peralatan memasak, tambahkan air secukupnya
  • Tunggu hingga matang, dan siap dinikmati

 

Manfaat Multi Grain Untuk Kesehatan Tubuh
Multi grain mengandung gizi lengkap, biji-biian utuh serta ragam gandum lainnya memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya:

  • Mengandung Banyak Serat
  • Melancarkan Pencernaan
  • Menurunkan Kadar Kolesterol
  • Membantu Mengontrol Berat Badan

 

Jadi, sudah siap untuk mencoba multi grain sebagai makanan utama sehari-hari?

 

Baca Juga:
Diet Plastik, Langkahkah Kecil Untuk Selamatkan Bumi
5 Inspirasi Bekal Lezat Untuk Penyintas Diabetes

Bagikan artikel ini melalui :

Kembali ke daftar artikel

Produk terkait

;