Siapkan Bekal Makan Untuk Suami Lebih Praktis Dengan Meal Prep

0
43

Menyediakan makanan bergizi dan lezat setiap hari adalah bentuk sayang terhadap suami dan anak-anak, betul?
Menularkan kebiasaan baik kepada keluarga pun juga termasuk rasa kasih sayang, salah satunya adalah kebiasaan membawa bekal makan siang dari rumah. Nah, terutama untuk pasangan baru nih, seringkali perlu waktu untuk beradaptasi. Kalau dulu menyiapkan bekal hanya untuk sendiri, sekarang buat berdua. Apalagi kalau sudah punya anak, harus masak beberapa menu. Waduh, repot juga, ya?
Sebenarnya nggak seribet yang dibayangkan, kok. Anda bisa mencoba teknik meal preparation ini. Lebih hemat waktu!
Meal Preparation, Apa Itu?
Meal preparation adalah metode untuk mengubah bahan baku mentah (buah, daging, sayur, dan lainnya) menjadi bahan siap masak. Bahan siap masak ini bukanlah masakan setengah matang ya, namun bahan makanan yang biasanya sudah dibersihkan dan diiris menjadi potongan kecil sehingga siap diolah. Pastikan sayuran dalam keadaan kering ya saat disimpan dalam kulkas, agar tidak mudah busuk.
Metode meal preparation biasanya disiapkan untuk menu seminggu, oleh karena itu pisahkan menu per hari ke dalam container plastik berbeda. Untuk container berkualitas, Anda bisa menggunakan Tupperware Ventsmart dan Freshmint. Seal ketat udaranya akan membantu bahan makanan tahan lebih lama dan tetap segar. Dengan memisahkan bahan makanan menggunakan beberapa container, Anda akan menghemat waktu dan memudahkan Anda mengambil bahan. Jangan lupa menambahkan label sebagai penanda, ya.
Cara Menyimpan Daging
Kalau sayuran justru akan rusak jika disimpan di dalam freezer, lain halnya dengan protein hewani seperti daging sapi, ayam atau ikan. Sebelum mengolahnya, Anda disarankan untuk menyimpannya ke dalam freezer.
Langsung dimasukkan begitu saja atau  dibumbui dulu? Berikut caranya:

  • Daging Sapi

Ternyata, mencuci daging sapi sebelum disimpan dalam freezer adalah cara yang salah, lho. Pengecualian untuk daging sapi yang kotor, sebaiknya masukkan daging ke dalam air mendidih untuk menghilangkan bakteri dan kotorannya.
Cara paling tepat adalah iris menjadi potongan kecil, masukkan ke dalam wadah per porsi saja, selanjutnya simpan dalam freezer.
Menyimpan potongan daging ke dalam wadah kecil akan memudahkan Anda mengolah daging. Cukup ambil satu wadah untuk dimasak. Tentu Anda sudah tahu kalau mengeluarkan-memasukkan daging ke dalam freezer justru akan memudahkan bakteri masuk, karena suhu ruang akan merusak daging.

  • Daging Ayam

Saat membuat daftar menu di awal minggu, pastikan Anda sudah memutuskan apa yang akan dimasak selama seminggu. Jika berencana membuat sop ayam dan ayam goreng, pastikan Anda sudah memisahkan keduanya, ya.
Untuk bahan sop ayam, tempatkan daging secukupnya saja ke dalam container. Sedangkan untuk ayam goreng, Anda bisa bumbui dan ungkep terlebih dahulu supaya besok pagi bisa langsung digoreng. Lebih praktis, kan?

  • Ikan

Saat membeli ikan di pasar atau supermarket, mintalah untuk dibersihkan isi dan sisiknya, ya supaya sampai rumah tinggal dibersihkan saja. Khusus untuk ikan, sebelum disimpan sebaiknya dibersihkan dahulu kemudian baluri dengan air jeruk nipis dan garam untuk menghilangkan aroma amis. Potong menjadi beberapa bagian dan masukkan ke dalam container, agar besok pagi lebih mudah saat memasak.

Manfaat Melakukan Meal Preparation
Viralnya metode meal preparation tentu ada alasannya, karena banyak manfaat yang bisa kita dapat kalau rutin melakukan kebiasaan ini, berikut diantaranya:

  • Waktu Masak Lebih Singkat

Menyiapkan menu selama seminggu memang terdengar repot, tapi ini hanya di awal minggu saja, kok. 7 hari berikutnya pasti akan lebih mudah, karena semua bahan makanan sudah siap, tinggal nyalakan kompor saja, deh. Kalau sebelumnya memasak setiap hari memerlukan waktu 30-45 menit, dengan meal preparation bisa pangkas menjadi 15 menit saja. Wow!

  • Hemat

Berbelanja seminggu sekali pasti akan lebih murah dibandingkan belanja setiap hari. Tidak percaya? Ayo besok mulai dicoba, pastikan sudah buat daftar menu selama seminggu, agar di pasar lebih mudah menentukan harus ke kios mana. Sedangkan kalau belanja setiap hari, pasti akan ada godaan untuk membeli bahan makanan lebih, padahal belum pasti menu apa yang akan dimasak.

  • Hidup Teratur

Memiliki kebiasaan meal preparation berarti menyiapkan diri untuk menjadi lebih teratur. Bagaimana tidak, di awal minggu kita sudah siap dengan menu selama seminggu. Mau tidak mau kita harus memasak secara teratur setiap hari, begitu pula dengan menyusun anggaran. Coba selama satu bulan dan rasakan perbedaannya. Rutinitas pagi menjadi lebih teratur, dan Anda akan lebih pintar mengatur waktu.

  • Pola Hidup Sehat

Meal preparation membuat hidup menjadi lebih sehat? Pastinya!
Dengan memasak sendiri di rumah, kita akan menentukan berbagai pilihan mulai dari menu dan bahan makanan yang digunakan. Untuk suami dan anak-anak tersayang, pasti kita tidak akan sembarang memilih menu, kan.
Saat berbelanja pun sayur atau daging yang dipilih adalah yang berkualitas terbaik dan masih segar. Apalagi saat memasak, demi kesehatan keluarga kita tentu tidak akan menggunakan bumbu dan penyedap berlebihan.

  • Inspirasi Menu Bekal Makan Siang Selama Seminggu Untuk Suami

Menyiapkan bekal makan siang untuk suami dan anak-anak tidak lagi repot kalau sudah menerapkan metode meal preparation. Bahan makanan sudah siap di kulkas, bumbu juga sudah diracik, pagi hari tinggal nyalakan kompor dan mulai memasak. Hemat waktu! Nah, berikut inspirasi menu bekal makan siang untuk suami selama seminggu ke depan:
Senin: Steak Sandwich
Selasa: Ayam Bakar Praktis
Rabu: Nasi Goreng Oriental
Kamis: Nasi Bakar & Nugget Sayur
Jumat: Tuna Sandwich & Salad Ayam Wijen
Dengan meal preparation, pasti tidak akan ada lagi cerita pagi yang repot di rumah, apalagi sampai suami terlambat berangkat bekerja gara-gara menunggu masakan matang. Besok pagi pasti akan lebih ceria dan menyenangkan, suami dan anak-anak bahagia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here