5 Camilan Sehat Ini Ternyata Bisa Bikin Kamu Lebih Produktif, Lho!

Ngemil memang tak pernah ada habisnya dan tak pernah kenal tempat, baik di rumah maupun di kantor. Selain dipercaya mampu menunda makan besar, camilan sehat juga bisa jadi salah satu cara untuk mengurangi rasa mumet menghadapi pekerjaan.

Tapi, dalam menikmati camilan juga ada rulesnya, lho. Menurut Richard D. Matters, PhD, seorang profesor food and nutrition di Purdue University, West Lafayette, ngemil itu bagaimana makanan tersebut bisa memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh. Jadi, ngemil itu tak harus dihindari, bahkan sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. Hanya saja, yang harus diperhatikan adalah jenis camilannya. Para ahli gizi meyarankan untuk mengonsumsi camilan sehat di antara makan besar dalam porsi kecil, sehingga tubuh dapat berenergi sepanjang hari.

Nah agar yang kamu konsumsi tak mengganggu metabolisme tubuh, camilan sehat berikut wajib ada di mejamu. Apa saja ya?

 

Camilan Sehat Berupa Kacang-kacangan

Semua jenis kacang, baik kacang tanah, almond, mede kaya akan protein dan serat yang membuat tubuh kenyang lebih lama. Studi menemukan bahwa mengonsumsi camilan sehat seperti almond setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, serta memberikan asupan 3,5 gram serat dan 6 gram protein untuk tubuh. Tapi, pastikan bahwa kamu hanya mengonsumsi camilan sehat berupa kacang ini sebanyak segenggaman tangan penuh dalam sehari. Agar kalori yang masuk ke dalam tubuh tak berlebihan.

 

Susu Cokelat Bebas Lemak Bikin Fokus

Malas ngunyah, tapi ingin ngemil saat jam kerja? Minum susu cokelat saja. Karena, sekitar 0,2 liter susu cokelat bebas lemak yang kamu konsumsi mengandung 135 kalori dan bisa menjadi ‘snack’ sehat tinggi kalsium yang cukup mengenyangkan. Kandungan gula dan proteinnya juga dapat membantu memulihkan otot yang lelah. Wah pas banget nih buat kamu yang lagi stress menghadapi pekerjaan.

 

Buah-buahan : Cemilan Sehat dan Enak

Siapa sih yang bisa menolak aneka buah lezat nan segar sebagai camilan di tengah kesibukan? Pastinya tak ada, dong. Buah yang penuh dengan serat mampu melancarkan saluran pencernaan dalam tubuh. Selain itu, kandungan asamnya bisa memenuhi vitamin C harianmu, agar daya tahan tubuhmu terjaga dari berbagai penyakit musiman. Oleh karena itu, bawalah buah-buahan yang praktis, seperti apel, jeruk, dan pisang.

 

Sedang Diet? Nyemil Granola Bar, Yuk!

Apakah kamu sedang menjalani program diet? Camilan sehat yang satu ini wajib banget kamu jadikan stok. Yap apalagi kalo bukan granola yang terdiri dari kacang almond, selai kacang, oat, kismis, dan madu. Bahan-bahan ini merupakan bahan yang tinggi akan nutrisi, vitamin, dan serat. Kacang almond mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi dan sangat berguna untuk kesehatan otak, serta memperlancar kinerja otak. Kismis dalam granola bar juga mengandung energi dan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga dapat membuatmu tetap terjaga ketika menyelesaikan tugas.

 

Yogurt, Camilan yang Mengenyangkan

Saat mengerjakan tugas dan perut terasa lapar, pastinya membuat kamu tak fokus untuk bekerja dan kecendrungan untuk ngemil semakin bertambah. Karena kondisi ini, tentunya kamu harus memilih camilan yang mengenyangkan tanpa harus memakan waktu kerjamu, dong. Nah, salah satu camilan yang patut kamu pilih adalah yogurt. Sebuah riset yang dilakukan oleh University of Washington di Seattle, Amerika Serikat, membuktikan bahwa yogurt adalah camilan yang paling mengenyangkan dibandingkan susu dan jus. Selain itu, yogurt juga mengandung probiotik tinggi yang sangat baik untuk pencernaan.

 

Tak kalah lezat bukan camilan sehat di atas? Pastinya dong! Dengan mengonsumsi camilan sehat, kamu lebih bisa semangat kerja tanpa harus menanggung konsekuensi perut yang membuncit.

Bagikan tips ini :

Produk terkait

Tips Terkait

Natal Semakin meriah dengan 3 Jenis Toples Cantik Berikut Ini!

Cara Aman Simpan Tabung Gas Sebelum Ditinggal Mudik

3 Tips Mudah Persiapkan Acara Arisan Lebih Berkesan

Tips Populer lainnya

Merawat Kulkas, Bersih dan Sehat

Lemari es/ Kulkas adalah bagian penting dalam kehidupan keluarga. Kulkas adalah tempat menyimpan bahan makanan segar dan beku untuk kebutuhan keluarga.

Cermat Menyimpan Berbagai Makanan

Setiap bahan makanan beda jenisnya, tentu beda pula cara penyimpanannya.

Tips Memasak Sekaligus Merawat Peralatan Dapur dengan Cara Sehat

Beberapa pakar dapur serta chef paling berpengalaman sekalipun pernah melakukan kesalahan. Namun, dari kesalahan itulah mereka belajar dan menjadi seseorang yang profesional. Berikut adalah tips dari mereka yang berpengalaman tentang cara memasak dan merawat peralatan dapur dengan cara yang sehat.