5 Cara Tepat Membersihkan Bunga Es

Tahukah Anda, seperti apa isi kulkas di rumah bisa mencerminkan kepribadian nyonya rumah? Ayo tengok lagi, apakah kulkas sudah bersih dan rapi?
Disamping aroma dan penataan bahan makanan dalam kulkas, satu poin penting yang harus diperhatikan adalah bagian freezer. Apalagi kalau sudah mulai muncul bunga es, duh rasanya langsung stres. Bagaimana tidak, bunga es membuat ruang kulkas menjadi sempit. Dan tak jarang es menempel pada bungkus makanan dan sulit dipisahkan.
Tenang, jangan khawatir. Bersihkan bunga es dalam kulkas dengan 5 cara tepat berikut:

 

  1. Jika terdapat fitur defrost, Anda bisa membiarkan kulkas tetap menyala. Namun jangan lupa ubah pengaturan ke mode defrost untuk mencairkan bunga es. Namun kalau kulkas Anda tidak memiliki fitur defrost, segera matikan lemari es, cabut kabel dari aliran listrik dan biarkan pintunya terbuka supaya udara hangat bisa masuk.
  2. Bagaimana dengan isi kulkas, perlu dikeluarkan? Yap, kalau bisa keluarkan seluruh bahan makanan, pindahkan ke dalam cooler bag supaya tetap segar. Jangan lupa keluarkan dan bersihkan rak menggunakan sabun cuci piring, kemudian keringkan.
  3. Setidaknya ada dua tipe orang dalam merawat kulkas : rutin membersihkan freezer, atau menunggu sampai menumpuk. Nah, kalau bunga es di dalam kulkas sudah menebal, akan membutuhkan usaha lebih untuk membersihkannya. Tapi bisa dipermudah dengan cara ini:
  • Matikan kulkas, pastikan tidak ada aliran listrik yang mengalir.
  • Rendam handuk bersih ke dalam air panas.
  • Letakkan handuk yang sudah direndam air panas ke seluruh bagian bunga es.
  • Jika sudah mulai mencair, lap menggunakan handuk bersih.
  • Ulangi langkah tersebut sampai bunga es mencair dan bersih.

 

Baca juga : 7 Cara Menata Kulkas Tepat Untuk Hemat Energi

 

  1. Anda juga bisa menggunakan air panas untuk memicu bunga es cepat mencair. Caranya sediakan satu baskom air panas, letakkan ke dalam kulkas, kemudian tutup pintunya supaya suhu hangat dapat menyebar ke seluruh ruangan dan bantu mempercepat bunga es mencair.
  2. Jika Anda sudah mematikan listrik dan bunga es terlihat sudah mulai melunak, ambil spatula lunak untuk mengeruk sisa bunga es lebih cepat. Pastikan Anda menggunakan peralatan tumpul, bukan benda tajam supaya tidak merusak kulkas.

 

Sudah repot membersihkan bunga es, jangan biarkan mereka muncul lagi!
Cegah bunga es muncul dalam kulkas kesayangan Anda, dengan cara ini:

 

  • Kurangi frekuensi membuka pintu kulkas.
  • Hindari memasukkan makanan atau minuman panas ke dalam kulkas.
  • Kalau pun harus menyimpan makanan yang masih panas, pastikan untuk membungkusnya terlebih dahulu supaya uap panas tidak menyebar dan menyebabkan bunga es.
  • Hindari menyetel suhu kulkas terlalu dingin, namun sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  • Kalau bunga es tiba-tiba muncul kembali, jangan panik, ya.

 

Ikuti cara di atas untuk mengatasinya. Selamat mencoba!

Bagikan tips ini :

Produk terkait

Freshmint Collection

Tips Terkait

Natal Semakin meriah dengan 3 Jenis Toples Cantik Berikut Ini!

Cara Aman Simpan Tabung Gas Sebelum Ditinggal Mudik

3 Tips Mudah Persiapkan Acara Arisan Lebih Berkesan

Tips Populer lainnya

Merawat Kulkas, Bersih dan Sehat

Lemari es/ Kulkas adalah bagian penting dalam kehidupan keluarga. Kulkas adalah tempat menyimpan bahan makanan segar dan beku untuk kebutuhan keluarga.

Cermat Menyimpan Berbagai Makanan

Setiap bahan makanan beda jenisnya, tentu beda pula cara penyimpanannya.

Tips Memasak Sekaligus Merawat Peralatan Dapur dengan Cara Sehat

Beberapa pakar dapur serta chef paling berpengalaman sekalipun pernah melakukan kesalahan. Namun, dari kesalahan itulah mereka belajar dan menjadi seseorang yang profesional. Berikut adalah tips dari mereka yang berpengalaman tentang cara memasak dan merawat peralatan dapur dengan cara yang sehat.