5 Kebiasaan Buruk yang Harus Diubah Saat Menyimpan Makanan dalam Kulkas

Agar kesehatan dan kesegaran makanan di dalam kulkas tetap terjaga dengan baik, ruang penyimpanan baik dalam fridge maupun freezer harus sangat diperhatikan kondisinya. Jika kondisi fridge dan freezer tidak ditangani secara tepat, bukan tidak mungkin bakteri dan kuman malah akan berkembang biak lebih banyak dan akan merusak kesehatan dan kesegaran makanan dalam kulkas. Masalah ini dapat dicegah dengan mengetahui kebiasaan buruk apa saja yang harus diubah agar makanan dalam kulkas tetap terbebas dari kuman dan bakteri jahat.

Kebiasaan 1: Tidak mengatur suhu udara dalam kulkas

Kebiasaan tidak memperhatikan suhu fridge dan freezer akan mempengaruhi kualitas makanan dalam kulkas. Padahal, saat menyimpan makanan dalam kulkas suhu harus diatur paling tidak 1 derajat di bawah suhu yang disarankan. Jika akan menyimpan daging ayam pada suhu 5 derajat celcius, maka kita harus mengatur suhu udara dalam kulkas menjadi 4 derajat celcius.

Kebiasaan 2: Menata letak makanan sembarangan dalam kulkas

Aroma makanan akan tercampur jika kita sembarangan meletakkan makanan dalam kulkas. Makanan dalam kulkas yang tidak tertata dengan baik malah akan mengakibatkan terjadinya kontaminasi bakteri dalam kulkas. Simpan makanan dalam wadah ketat udara agar aroma makanan tidak bercampur seperti dalam wadah Tupperware Fridge and Freezer Collection. Jangan lupa untuk memisahkan makanan matang dengan makanan mentah. Letakkan makanan matang dan siap saji di bagian atas, sedangkan daging segar seperti ikan dan daging sapi di bagian bawah.

Kebiasaan 3: Membiarkan kulkas penuh sesak

Kulkas yang penuh akan membuat sirkulasi udara terganggu sehingga mesin kulkas akan bekerja lebih keras untuk menjaga suhu tetap dingin. Simpan makanan dalam wadah yang bisa menghemat tempat dalam kulkas seperti Tupperware Large Handy Bowl (3) yang penempatannya bisa ditumpuk. Selain menghemat tempat, menyimpan makanan dalam wadah yang tepat juga akan membuat makanan tetap segar dan bersih selama berada dalam kulkas.

Kebiasaan 4: Langsung menyimpan makanan panas dalam kulkas

Sebaiknya dinginkan terlebih dahulu makanan panas di suhu ruangan. Tempatkan makanan panas dalam wadah dangkal seperti Tupperware Large Handy Bowl (3) agar makanan lebih cepat dingin. Pastikan uap panas dari makanan telah hilang, baru kemudian simpan makanan di dalam kulkas.

Kebiasaan 5: Malas membersihkan kulkas

Tidak teratur membersihkan kulkas akan membuat kulkas menjadi sumber kuman dan bakteri jahat. Genangan air akibat tetesan air, kuah, atau saus dari makanan akan menyebabkan kulkas lembab dan kotor. Ini malah akan mengakibatkan kuman dan bakteri menyebar ke makanan yang disimpan dalam kulkas. Rutin membersihkan kulkas akan menjaga kesehatan dan kesegaran sirkulasi udara sehingga makanan tetap bersih dan segar.

Ayo ubah kebiasaan buruk di atas agar makanan dalam kulkas tetap terjaga kebersihan dan kesegarannya. Makanan yang disimpan dengan cara yang tepat akan membuat tubuh makin sehat dan makanan pun lebih nikmat.

Bagikan tips ini :

Produk terkait

Jumbo Stak N Stor

Large Stak N Stor

Medium Stak N Stor (2)

Tips Terkait

Kiat Sahur Sehat Agar Tidak Lemas Saat Puasa

7 Bahan Alami Untuk Mengatasi Bau Di Kulkas

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Tips Populer lainnya

Merawat Kulkas, Bersih dan Sehat

Lemari es/ Kulkas adalah bagian penting dalam kehidupan keluarga. Kulkas adalah tempat menyimpan bahan makanan segar dan beku untuk kebutuhan keluarga.

Cermat Menyimpan Berbagai Makanan

Setiap bahan makanan beda jenisnya, tentu beda pula cara penyimpanannya.

Tips Memasak Sekaligus Merawat Peralatan Dapur dengan Cara Sehat

Beberapa pakar dapur serta chef paling berpengalaman sekalipun pernah melakukan kesalahan. Namun, dari kesalahan itulah mereka belajar dan menjadi seseorang yang profesional. Berikut adalah tips dari mereka yang berpengalaman tentang cara memasak dan merawat peralatan dapur dengan cara yang sehat.