5 Tips Siapkan Menu Sahur Cepat dan Praktis

Menyiapkan makanan sahur untuk keluarga bisa menjadi tantangan tersendiri untuk para ibu. Idealnya, menu sahur tak hanya lezat, tapi juga harus mengandung gizi yang tepat. Karena itu, tentunya para ibu ingin bukan menyiapkan aneka menu sahur untuk keluarga dan memastikan kandungan gizinya?

Nah berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memudahkan menyiapkan aneka menu sahur untuk keluarga.

Siapkan Pre-cooked Meal untuk Menu Sahur Praktis

Jika kamu tidak punya waktu terlalu banyak untuk menyiapkan menu sahur, tips yang satu ini bisa kamu terapkan. Kamu bisa memasak lauk pauk dalam jumlah banyak pada hari sebelumnya atau saat malam hari setelah menunaikan salat tarawih lalu taruh di dalam wadah penyimpanan dengan kerapatan sempurna. Sehingga ketika saat sahur, kamu hanya perlu menghangatkan lauk pauk tersebut tanpa repot memasak menu lainnya.

Pilih Menu Makanan Praktis

Karena waktu untuk menyiapkan sahur sangatlah singkat, kamu bisa menyiapkan menu makanan yang mudah agar lebih efisien. Kamu bisa mencoba aneka menu masakan tumisan, goreng ayam ataupun sup dengan bumbu yang tak terlalu rumit. Sebaliknya, hindari mengolah masakan dengan aneka bahan dan sistem memasak yang butuh waktu pengolahan, seperti gulai, rendang, dan menu lainnya.

Sajikan One Dish Meal

One dish meal atau makanan sepinggan bisa kamu jadikan solusi cerdas menyiapkan menu sahur yang praktis. Selain praktis, one dish meal juga sehat karena mengandung seluruh sumber karbohidrat, vitamin, juga protein dalam satu piring. Beberapa menu yang bisa kamu siapkan adalah nasi goreng, mie goreng, capcay dengan sayuran.

Mudah Membuat Menu Sahur dengan Menyiapkan Bumbu Dasar

Menyediakan bumbu dasar seperti bumbu bawang merah, bumbu bawang putih, aneka cabai yang telah digiling, dan juga bumbu kuning di dapur akan membuat waktu memasak menjadi lebih efisien. Kamu tinggal menyiapkan aneka menu sahur yang ingin dimasak tanpa harus repot mengolah bumbunya terlebih dahulu.

Pangkas Waktu dengan Bahan Makanan Siap Olah

Trik selanjutnya adalah dengan menyiapkan aneka bahan makanan yang telah Kamu siapkan sebelumnya di malam hari. Bisa berupa daging, sayuran, ataupun ikan yang telah digiling menggunakan Fusion Master Mincer yang dilengkapi dengan 2 jenis grid, sehingga hasilkan lumatan lembut sempurna. Selanjutnya, kamu tinggal buat bola bola bakso, aneka nugget, bahkan sosis yang disukai oleh seluruh keluarga. Saat sahur tiba tinggal goreng ataupun kukus lalu sajikan bersama cocolan saus tomat atau mayonais. Selain praktis, trik ini sangat mudah untuk diaplikasikan.

Dalam menyiapkan menu sahur yang cepat dan praktis, perhatikan pula kandungan gizi dalam makanan yang kamu buat, agar puasa dan aktivitas tetap lancar hingga waktu berbuka. Dan usahakan untuk menghindari makanan instan dan cenderung cepat saji, karena selain kandungan gizi serta serat yang tak lengkap, juga tak dapat mengembalikan energi selama berpuasa.

Bagikan tips ini :

Produk terkait

Tips Terkait

Natal Semakin meriah dengan 3 Jenis Toples Cantik Berikut Ini!

Cara Aman Simpan Tabung Gas Sebelum Ditinggal Mudik

3 Tips Mudah Persiapkan Acara Arisan Lebih Berkesan

Tips Populer lainnya

Merawat Kulkas, Bersih dan Sehat

Lemari es/ Kulkas adalah bagian penting dalam kehidupan keluarga. Kulkas adalah tempat menyimpan bahan makanan segar dan beku untuk kebutuhan keluarga.

Cermat Menyimpan Berbagai Makanan

Setiap bahan makanan beda jenisnya, tentu beda pula cara penyimpanannya.

Tips Memasak Sekaligus Merawat Peralatan Dapur dengan Cara Sehat

Beberapa pakar dapur serta chef paling berpengalaman sekalipun pernah melakukan kesalahan. Namun, dari kesalahan itulah mereka belajar dan menjadi seseorang yang profesional. Berikut adalah tips dari mereka yang berpengalaman tentang cara memasak dan merawat peralatan dapur dengan cara yang sehat.