7 Bahan Alami Untuk Mengatasi Bau Di Kulkas

Hampir tiap rumah memiliki kulkas agar makanan yang tersimpan di dalamnya lebih tahan lama dan tetap segar.  Tapi kadang muncul bau tidak sedap dari dalam kulkas,lalu bagaimana cara menghilangkan bau tak sedap pada kulkas?

Penyebab Bau Tak Sedap Dari Dalam Kulkas

Kulkas memang dapat melambatkan proses pembusukan bahan makanan di dalamnya, tapi tetap tidak menghentikan 100%. Saat pendingin bekerja dengan baik, tidak ada bau yang keluar tapi jika daya turun ataupun listrik mati, maka bau hasil pembusukan akan menyebar.

Selain dari daging di pendingin, bau juga bisa muncul dari sayuran dan buah yang membusuk di rak kulkas. Bahkan air yang mengenang terlalu lama dalam kulkas pun bisa menyebabkan bau. Sangat disarankan untuk selalu menjaga kebersihkan kulkas, bersihkan setiap seminggu sekali.

Kulkas yang mulai tidak dingin juga merupakan salah satu penyebab cepatnya pembusukan pada bahan makanan yang disimpan didalamnya.

 

Mencegah Bau Tidak Sedap Muncul Di Kulkas

Seperti pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati, ada beberapa tips untuk mencegah munculnya bau tidak sedap dari dalam kulkas.

1. Simpan bahan makanan dalam wadah yang tepat

Gunakan Tupperware Frozen Rectangular Set (3) untuk menyimpan daging, ayam, ikan, aneka seafood, sayuran beku, atau makanan olahan beku seperti nugget atau sosis di freezer. Sedangkan untuk menyimpan sayuran, buah-buahan agar tahan lebih lama kesegarannya, Anda dapat menggunakan Tupperware Fridgesmart Medium yang memiliki seal yang rapat menahan udara masuk dan keluar dari wadah, sehingga aliran udara dapat keluar hanya lewat katup yang terbuka dengan seal/tutup yang  memiliki tab untuk mempermudah membuka sealnya dan dilengkapi katup pengatur sirkulasi udara yang dapat dibuka dan atau ditutup tergantung kebutuhan dari masing-masing jenis sayuran dan buah-buahan yang disimpan dengan bentuk yang unik & ergonomis sehingga nyaman saat menekannya.

2. Jangan terlalu lama menaruh makanan dalam kulkas. Daging segar mungkin hanya bisa bertahan di kondisi baik +- 3 s/d 4 hari, setelah itu pasti ada perubahan rasa dan warna.

3. Jangan biarkan ada sisa bahan makanan. Terkadang ada cuilan sayur atau kue yang tertinggal dalam kulkas, walaupun sepele lama kelamaan bau busuk bisa muncul apalagi jika sudah bercampur dengan air, busuknya bisa meningkat.

4. Aturlah suhu dengan bijak. Jika ada daging dalam kulkas, buatlah suhu freezer lebih dingin tapi jika tidak ada maka setting sedang. Hal ini selain dapat mengurangi munculnya bau juga merupakan salah satu upaya menghemat listrik.

 

Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Kulkas

Anda bisa menggunakan bahan penghilang bau yang ada di pasaran. Tapi karena ditakutkan akan mengandung bahan kimia yang tidak baik untuk kesehatan, maka lebih baik Anda memanfaatkan bahan alami yang sudah terbukti aman.

Sebelum memasukkan penghilang bau, lebih baik anda memastikan kulkas dalam suhu yang normal dan bersihkan terlebih dahulu kulkas Anda, terutama bagian freezer/fridge tempat biasa menyimpan berisi daging dan ikan. Bersihkan kulkas dengan menggunakan :

1. Perasan Lemon

Lemon terkenal memiliki aroma kuat, Anda dapat memanfaatkannya sebagai bahan tambahan saat membersihkan kulkas. Setelah kulkas sudah dibersihkan, masukkan mangkok yang berisi campuran air dan perasan lemon ke dalam freezer. Diamkan selama selama setengah jam, uap dari air hangat akan menyebarkan aroma lemon ke seluruh ruang lemari es.

2. Baking Soda

Bahan ini sangat terkenal sebagai anti bau tidak sedap. Anda dapat menggunakannya untuk membersihkan kotoran dan bau dalam kulkas. Caranya cukup mencampurkan dengan air lalu memasukkan lap kain ke dalamnya kemudian gunakan lap seluruh bagian yang kotor. Untuk menghilangkan bau membandel, Anda dapat menaruh soda kue dalam piring kecil lalu masukkan dalam kulkas (tempatkan pada sumber bau). Biarkan seharian dengan begitu bau busuk akan hilang.

3. Cuka

Meghilangkan bau di kulkas juga dilakukan dengan cuka. Langkah pertama adalah membersihkan kulkas, lalu gunakan larutan campuran dari cuka dan air hangat untuk mengelap seluruh bagian kulkas. Selain itu cuka terbukti dapat membantu menghilangkan noda membandel yang menempel di dinding kulkas.

4. Vanilli

Sediakan kapas dan kemudian basahilah kapas dengan cairan vanili dan taruh di dalam lemari es. Diamkan selama 12 hingga 24 jam, aroma kulkas pun akan kembali segar.

5. Oatmeal

Letakkan semangkuk oatmeal kering tanpa rasa di dalam kulkas. Diamkan sampai bau di kulkas menghilang dan oatmeal akan menyerap bau tak sedap tersebut.

6. Jus Tomat

Kosongkan isi kulkas terlebih dahulu sebelum membersihkannya dengan jus tomat. Setelah itu, bersihkan bagian dalam kulkas dengan spons yang direndam ke dalam jus tomat segar (tanpa gula), lalu bilas dengan air bersih. Keringkan sebentar dan kulkas akan menjadi bersih dan segar aromanya.

7. Bubuk Kopi

Kopi adalah penyerap bau yang efektif, caranya cukup dengan menaruh bubuk kopi dalam piring kecil dan memasukkannya dekat dengan sumber bau. Biarkan 24 jam, pastinya bau amis busuk akan lenyap.

 

Selamat mencoba tips ini!

 

 

 

Bagikan tips ini :

Produk terkait

Slim Line 2L

Ventsmart 1,8L (2)

Fresh Lime Collection

Compact Bowl High (4)

Tips Terkait

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Yuk, perbaiki cara belanjamu sekarang!

Tips Menata Kulkas agar Selalu Rapi dan Bersih

Tips Populer lainnya

Merawat Kulkas, Bersih dan Sehat

Lemari es/ Kulkas adalah bagian penting dalam kehidupan keluarga. Kulkas adalah tempat menyimpan bahan makanan segar dan beku untuk kebutuhan keluarga.

Cermat Menyimpan Berbagai Makanan

Setiap bahan makanan beda jenisnya, tentu beda pula cara penyimpanannya.

Tips Memasak Sekaligus Merawat Peralatan Dapur dengan Cara Sehat

Beberapa pakar dapur serta chef paling berpengalaman sekalipun pernah melakukan kesalahan. Namun, dari kesalahan itulah mereka belajar dan menjadi seseorang yang profesional. Berikut adalah tips dari mereka yang berpengalaman tentang cara memasak dan merawat peralatan dapur dengan cara yang sehat.