Cara Aman Simpan Tabung Gas Sebelum Ditinggal Mudik

Lebaran sebentar lagi, artinya dalam minggu ini ada sebagian besar perantau yang akan mudik ke kampung halaman untuk melepas rindu dengan keluarga besar. Satu hal penting yang harus diperhatikan adalah bagaimana menjaga rumah tetap aman saat ditinggal mudik.
Untuk keamanan, Anda sebaiknya mengunci pagar, seluruh pintu dan jendela pada rumah. Bahkan hingga pintu kamar dan lemari pastikan sudah terkunci dengan benar. Jangan lupa lapor kepada Ketua RT dan satpam komplek bahwa Anda akan bepergian selama beberapa hari, supaya patroli lebih diperketat untuk mencegah tindak kejahatan. Anda juga boleh meminta bantuan tetangga untuk sesekali mengecek rumah, sekedar memastikan tidak ada hal aneh yang terjadi di rumah.
Satu hal yang tak kalah penting adalah menjaga keamanan kondisi dapur dari bahan-bahan yang mudah meledak seperti gas yang mudah terbakar jika terkena panas atau sumber api, sehingga kita harus berhati-hati saat meninggalkannya.
Untuk menjaga keamanan tabung gas selama mudik, pastikan sudah melakukan hal berikut ini:

 

  1. Lepas selang regulator dari tabung dan kompor
  2. Simpan dalam posisi berdiri
  3. Tempatkan tabung gas di ruangan dengan sirkulasi udara baik
  4. Posisi jauh dari kompor dan sumber api lainnya

 

Saat Anda sudah kembali ke rumah, coba rasakan apakah tercium bau gas. Jika Anda mencium bau gas, segera buka semua pintu dan jendela supaya tabung gas mendapatkan sirkulasi udara cukup untuk menghentikan kebocoran. Hindari menyalakan api sampai gas sudah tidak tercium dan kondisi sudah aman. Selamat mudik!

Bagikan tips ini :

Produk terkait

TChef Complete Set

TChef Basic Set

Tips Terkait

Natal Semakin meriah dengan 3 Jenis Toples Cantik Berikut Ini!

3 Tips Mudah Persiapkan Acara Arisan Lebih Berkesan

Tips Menyimpan Classy Crystalline di Dapur Anda

Tips Populer lainnya

Merawat Kulkas, Bersih dan Sehat

Lemari es/ Kulkas adalah bagian penting dalam kehidupan keluarga. Kulkas adalah tempat menyimpan bahan makanan segar dan beku untuk kebutuhan keluarga.

Cermat Menyimpan Berbagai Makanan

Setiap bahan makanan beda jenisnya, tentu beda pula cara penyimpanannya.

Tips Memasak Sekaligus Merawat Peralatan Dapur dengan Cara Sehat

Beberapa pakar dapur serta chef paling berpengalaman sekalipun pernah melakukan kesalahan. Namun, dari kesalahan itulah mereka belajar dan menjadi seseorang yang profesional. Berikut adalah tips dari mereka yang berpengalaman tentang cara memasak dan merawat peralatan dapur dengan cara yang sehat.