Ini Dia Cara Menyusun Menu Food Combining yang Tepat

Begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dari food combining. Mulai dari tubuh yang sehat, proses penyembuhan yang lebih cepat, kulit sehat, hingga menjauhkan tubuh dari kanker. Namun, tahukah kamu mengombinasikan dua jenis bahan makanan sayur dan buah tak bisa asal? Ada beberapa aturan yang mesti kamu lakukan agar kebutuhan vitamin tetap tercukupi. Lalu, bagaimanakah teknik food combining yang tepat?

 

Tentukan Menu Dasar untuk Food Combining

Dalam memenuhi teknik makan yang satu ini, pertama-tama mulailah dengan sarapan buat berserat, berair, dan manis karena matang di pohon. Beberapa buah yang bisa kamu pilih adalah pepaya dan melon. Selanjutnya, ada Komposisi Menu Dasar yang mesti kamu terapkan:

1 menu protein + sayuran

1 menu zat pati + sayuran

1 menu buah-buahan

Dari menu dasar tersebut, kamu bisa membuat variasi dengan menu berikut :

Variasi 1 : 2 menu zat pati + sayuran atau 1 menu buah-buahan

Variasi 2 : 2 menu buah-buahan atau 1 menu zat pati + sayuran

Variasi 3 : 1 menu protein + sayuran atau 2 menu buah-buahan

Variasi 4 : 2 menu pati + sayuran atau 1 menu protein + sayuran

Jika kamu adalah seorang ibu rumah tangga yang harus menyiapkan makanan untuk keluarga, susunan menu ini masih bisa diterapkan, kok. Di hari tertentu, kamu bisa pilih masakan seperti masak protein saja, pati saja, atau sayuran saja. Sehingga semua anggota keluarga bisa menyusun food combiningnya sendiri.

 

Menyusun Sarapan Pagi dengan Menu Food Combining

Saat bangun pagi, tubuh memasuki fase ‘pembuangan’, dimana tubuh akan mengeluarkan beragam zat yang tidak terserap dalam tubuh. Jadi, tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang berat. Mulailah dengan minum segelas air hangat untuk menenangkan perut yang kosong, jika ingin minum air dengan rasa dan warna, kamu bisa minum air lemon atau jeruk.

Setelah perut mulai menunjukkan rasa lapar, kamu bisa mulai makan buah segar yang terdiri dari empat hingga enam kombinasi buah sekaligus yang disesuaikan dengan pencernaan. Tapi ingat, jangan sampai berlebihan, ya. Untuk buah melon, sebaiknya tidak dicampur dengan food combining lainnya. Ketika perut mulai lapar lagi di saat makan siang, cobalah untuk mengonsumsi buah-buahan sebagai pengganti camilan.

Supaya tidak bosan, selain bisa dimakan langsung, buah tersebut bisa dijus, smoothy, atau lassi. Lassi yang terbuat dari buah dan yoghurt merupakan pilihan paling enak dan segar bagi pemula. Karena selain mengenyangkan, juga aman untuk pencernaan.

 

Makan Siang untuk Menu Food Combining

Saat makan siang biasanya perut dalam keadaan sedang lapar-laparnya, karena otak terkuras setelah bekerja. Nah, untuk menu makan food combining saat makan siang ini lebih bebas karena saat ini pencernaan diproses. Namun, ada beberapa rules yang perlu diperhatikan. Untuk variasi makanan, bisa menggunakan aturan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Hanya saja, tubuh memerlukan asupan gizi yang sama. Walaupun, menu food combining karbohidrat + sayuran menjadi menu andalan, tetapi tubuh memerlukan asupan protein.

Saatnya Ngemil? Konsumsi Variasi Berikut

Sepulang kerja atau saat bersantai emang paling enak melakukan kegiatan yang jadi hobi kamu sambil ngemil. Meskipun sedang menerapkan teknik makan food combining, kamu masih tetap bisa ngemil kok? Tentunya dengan variasi buah, sayur, kacang-kacangan, ataupun susu yang terbuat dari kacang.

 

Makan Malam dengan Menu Food Combining

Saat menjalani program ini, kamu tetap dianjurkan untuk mengosnumsi makan malam, kok. Untuk menu makan malam bisa disamakan dengan makan siang. Tapi, buat kamu yang sudah makan protein di siang hari, usahakan untuk tidak makan yang mengandung protein di malam hari. Karena dengan makan protein terlalu banyak, dapat menyebabkan lambung kelebihan asam dan bisa memicu timbulnya maag, kembung, dan permasalahan perut lainnya.

Gimana, tak terlalu menyiksa bukan teknik konsumsi yang satu ini?  Tenang, dalam menjalani food combining, kamu hanya perlu melakukannya 5 hari saja dalam seminggu. Sisanya kamu bebas mengonsumsi makanan apa saja. Namun, kalo kamu mau merasakan khasiatnya, cobalah terapkan food combining ini setiap hari. 

Bagikan tips ini :

Produk terkait

Ventsmart 1,8L (2)

Tips Terkait

Natal Semakin meriah dengan 3 Jenis Toples Cantik Berikut Ini!

Cara Aman Simpan Tabung Gas Sebelum Ditinggal Mudik

3 Tips Mudah Persiapkan Acara Arisan Lebih Berkesan

Tips Populer lainnya

Merawat Kulkas, Bersih dan Sehat

Lemari es/ Kulkas adalah bagian penting dalam kehidupan keluarga. Kulkas adalah tempat menyimpan bahan makanan segar dan beku untuk kebutuhan keluarga.

Cermat Menyimpan Berbagai Makanan

Setiap bahan makanan beda jenisnya, tentu beda pula cara penyimpanannya.

Tips Memasak Sekaligus Merawat Peralatan Dapur dengan Cara Sehat

Beberapa pakar dapur serta chef paling berpengalaman sekalipun pernah melakukan kesalahan. Namun, dari kesalahan itulah mereka belajar dan menjadi seseorang yang profesional. Berikut adalah tips dari mereka yang berpengalaman tentang cara memasak dan merawat peralatan dapur dengan cara yang sehat.