Inspirasi Material Furnitur Meja Makan

Saat membeli rumah baru, yang menjadi prioritas banyak orang adalah melengkapi furnitur untuk ruang tamu, ruang keluarga dan kamar tidur. Tiga ruangan ini lah yang menurut kita menjadi paling penting, dan seringkali melupakan keberadaan ruang makan. 

“Nanti saja lah kita beli meja makan, toh kita bisa makan di ruang keluarga sambil nonton TV”.

Pernyataan seperti ini seringkali datang biasanya dari pasangan muda, yang merasa belum memerlukan ruang makan. Padahal Padahal, makan di meja makan akan membuat kita lebih menikmati makanan. Suasana lebih santai, dan tidak akan bingung kalau ada makanan tumpah karena kita cukup membersihkan meja makan saja. Beda halnya kalau makan di ruang tamu, sudah didesain cantik dengan warna terang, tapi kalau ada sedikit saja noda makanan pasti lebih repot membersihkannya, kan?

Karena pentingnya fungsi meja makan di rumah, membeli furnitur ini juga memerlukan ketelitian. Harus pas dengan model rumah dan kesan yang ingin ditampilkan. Jangan sampai jika Anda memiliki rumah minimalis tapi memilih meja makan klasik dengan ukiran, tentunya kurang sesuai, ya.

 

Berikut 5 rekomendasi bahan meja makan yang bisa digunakan di rumah:

 

  • Klasik Dengan Kayu

Furnitur kayu memang akan menciptakan kesan klasik, namun tidak selamanya tua dan ketinggalan jaman. Untuk kesan lebih modern, Anda bisa membuat meja makan kayu dengan model minimalis. Penggunaan material kayu tentunya akan menambah kesan artistik pada ruang makan, perpaduan yang sangat serasi, ya.
Untuk model meja makan minimalis, Anda bisa memilih bentuk persegi atau bulat. Dijamin ruang makan akan semakin terlihat elegan dengan meja makan kayu minimalis.
Konsultasikan desain yang pas dengan ahli furnitur, serta sesuaikan jumlah bangku dan jumlah anggota keluarga yang ada di dalam rumah. Tak lupa Anda juga harus menyesuaikan ukuran meja makan dengan luas ruang makan juga, lho, jangan sampai meja makan memenuhi ruangan.

 

  • Meja Kaca, Mewah dan Elegan

Bukan, meja jenis ini tidak menggunakan kaca untuk semua bagiannya, namun hanya menonjolkan kaca sebagai bahan utamanya saja. Biasanya kaca digunakan pada bagian permukaan atas, sedangkan kaki meja menggunakan bahan lain seperti kayu, plastik, fiber bahkan stainless steel.
Meja berbahan kaca memang akan menampilkan kesan modern, ringan dan elegan. Rasanya seperti makan di restoran!
Untuk mempercantik meja, Anda bisa menambahkan vas kaca yang diisi bunga dan letakkan pada bagian tengah meja. Jadi tambah betah di meja makan, ya.

 

  • Modern Minimalis dengan Aluminium

Img source : lazysusanfurniture.co.uk

Meja makan aluminium paling sering diminati oleh sebagian orang, terutama yang tinggal di perkotaan untuk melengkapi rumah minimalisnya. Ada yang menggunakan warna aslinya supaya terlihat lebih minimalis, ada juga yang menambahkan cat dengan berbagai pilihan warna.
Mengapa bahan alumunium sangat cocok untuk meja makan minimalis? Selain karena bahannya ringan sehingga mudah dipindahkan, bahan dasar alumunium akan membuat meja tampak bersinar cantik. Juga, dengan desain meja persegi saja bahan alumunium  sudah terlihat menawan di ruang makan. Sandingkan dengan bangku berbahan plastik atau alumunium untuk menambah kesan modern. Duh, makin cinta di meja makan, deh!

 

  • Meja Makan Plastik, Ringan dan Hemat Tempat

Img source: designmybedding.com

Jika Anda sedang menghemat budget untuk furnitur, maka meja makan bahan plastik bisa menjadi pilihan tepat. Pilih plastik berkualitas supaya umurnya panjang dan tetap tampak mewah.
Menggunakan meja makan plastik sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki batita, bahan plastik yang ringan lebih aman di dekat si Kecil. Meja makan plastik juga bisa menyesuaikan tema rumah Anda, mulai dari monokrom minimalis hingga colorful dining.
Apalagi sekarang sudah banyak produsen meja makan yang menggunakan warna warni cerah, selain itu perawatannya pun tergolong mudah. Hemat di kantong, juga hemat ruangan.

 

  • Plywood, Mudah Dirangkai

Img source: deliacreates.com

Kalau kita perhatikan, produsen furnitur sekarang yang banyak menggunakan plywood sebagai materialnya terutama untuk meja dan bangku. Ternyata bukan tanpa alasan lho, plywood adalah bahan furnitur yang cukup ringan dan awet, bahkan bisa dikemas dalam susunan papan sehingga kita bisa merangkainya sendiri di rumah. Biasanya pemilik rumah bergaya modern sangat suka menggunakan plywood, karena memberikan kesan lebih ringan dan ruangan terlihat luas.

 

Nah, ternyata bukan hanya kayu saja yang bisa digunakan untuk meja makan, Anda bisa memilih bermacam material. Bahkan ada juga rumah tangga yang menggunakan batu alam untuk meja makan, lho. Tentukan pilihan Anda dengan bijak, ya!

 

Baca juga : Kenapa Sih Harus Punya Microwave? 5 Fitur Ini Jawabannya

Bagikan tips ini :

Produk terkait

Tips Terkait

Natal Semakin meriah dengan 3 Jenis Toples Cantik Berikut Ini!

Cara Aman Simpan Tabung Gas Sebelum Ditinggal Mudik

3 Tips Mudah Persiapkan Acara Arisan Lebih Berkesan

Tips Populer lainnya

Merawat Kulkas, Bersih dan Sehat

Lemari es/ Kulkas adalah bagian penting dalam kehidupan keluarga. Kulkas adalah tempat menyimpan bahan makanan segar dan beku untuk kebutuhan keluarga.

Cermat Menyimpan Berbagai Makanan

Setiap bahan makanan beda jenisnya, tentu beda pula cara penyimpanannya.

Tips Memasak Sekaligus Merawat Peralatan Dapur dengan Cara Sehat

Beberapa pakar dapur serta chef paling berpengalaman sekalipun pernah melakukan kesalahan. Namun, dari kesalahan itulah mereka belajar dan menjadi seseorang yang profesional. Berikut adalah tips dari mereka yang berpengalaman tentang cara memasak dan merawat peralatan dapur dengan cara yang sehat.