Jangan Larang Si Kecil "Bermain" Di Dapur

Pada umumnya anak-anak  sangat menikmati kegiatan masak – memasak. Terlebih pada bagian akhir, di mana mereka melihat dan menikmati hasil karya mereka. Jika anak-anak Anda tertarik dengan kegiatan memasak, maka sebagai orang tua kita wajib membantu mereka untuk mengembangkan kreatifitasnya. Tetapi jika anak tidak tertarik, terutama untuk anak – anak yang sudah lebih besar, jadikan kegiatan memasak sebagai bagian dari aktifitas keluarga seperti membuat kue ulang tahun untuk nenek atau menyediakan makanan untuk piknik ke pantai, maka sudah seharusnya kita memperkenalkan kegiatan masak-memasak kepada mereka sejak dini, karena itu kita pun harus memperkenalkan dapur serta seluruh isinya kepada mereka. Tetapi, dapur yang seperti apa yang aman untuk anak-anak?

Dapur adalah tempat berbahaya, terutama untuk anak yang tinggi badannya belum mencapai puncak meja dapur, sudah pasti  penglihatan mereka ke seluruh ruangan akan terbatas sehingga akan banyak hal-hal yang bisa membahayakan keberadaan mereka di dapur.  Agar dapur menjadi tempat yang aman untuk anak, Anda perlu menetapkan pedoman yang jelas bagi mereka selama berada di dapur. 

1. Berikan arahan sederhana.

Sebelum memasak atau menyiapkan bahan makanan, kenalkan anak tentang apa yang boleh, dan tidak boleh dilakukan saat di dapur.

2. Awasi anak dengan tepat.

Jangan pernah meninggalkan anak tanpa pengawasan saat di dapur. Jika Anda tidak di rumah, dan anak-anak ingin terlibat di dapur untuk membantu menyiapkan makanan, pastikan ada orang dewasa yang bertanggung jawab untuk mengawasi.

3. Ajarkan anak untuk membersihkan meja dapur, bahan makanan, dan alat-alat yang telah dipakai.

Ajarkan anak untuk mencuci tangan segera sebelum dan setelah selesai memasak dan untuk tetap menjaga kebersihan alat-alat dapur dan meja dapur. Jelaskan kepada mereka untuk selalu mencuci bersih bahan makanan yang akan diolah. Katakan pada mereka, kuman-kuman dan bakteri jahat dari bahan makanan mentah harus segera dibasmi agar tidak menyebarkan kuman penyakit.

4. Menyediakan peralatan dapur khusus.

Ketika anak bersemangat dan serius untuk belajar memasak, sudah saatnya membantu mereka dengan membeli peralatan masak sendiri. Anda bisa memulainya dengan membelikan celemek, sarung tangan oven dan pisau yang aman untuk anak-anak.

5. Kenalkan dan ajarkan anak menggunakan pisau.

Anak-anak di bawah usia sepuluh tahun umumnya tidak memiliki keterampilan motorik yang luwes untuk menggunakan pisau tajam dengan aman. Jika anak adalah balita, jauhkan pisau dari mereka. Tetapi jika anak lebih sedikit lebih dewasa dan tertarik untuk mencoba menggunakan pisau, Anda bisa memberikan pisau plastik atau pisau mentega yang tumpul untuk bahan makanan yang lembut, misalnya pisang atau roti, agar dia bisa membuat roti sandwich sendiri.

Bila terpaksa anak harus menggunakan pisau, menggunakan Tupperware Paring Knife adalah pilihan yang bijak, karena walaupun Paring Knife mempunyai mata pisau yang tajam agar mudah memotong bahan makanan, namun pisau ini mempunyai lekukan pada handle yang sangat pas saat digenggam sehingga memperkecil kemungkinan pisau tergelincir atau terlepas dari tangan anak yang bisa membahayakannya. Paring Knife juga dilengkapi dengan sarung untuk melindungi mata pisau saat tidak digunakan.

6. Kenalkan dan ajarkan anak menggunakan kompor dan oven.

Umumnya, aturan praktis yang baik di sini adalah “Jangan pernah menyentuh!”. Ketika sedang digunakan, sudah pasti bahwa kompor dan oven adalah berbahaya untuk anak-anak. Namun seringkali kompor dan oven masih terasa panas bahkan beberapa saat setelah selesai digunakan. Bila Anda selalu mengawasi mereka, apapun keadaan kompor dan oven, panas atau dingin sekalipun, maka mereka akan terhindar dari risiko melukai diri mereka sendiri.

7. Kenalkan dan ajarkan anak menggunakan peralatan dapur.

Sekitar 85% dari semua cedera listrik melibatkan anak-anak yang berumur 1-4 tahun. Alasan utamanya adalah tidak adanya penutup stop kontak. Memasang penutup/pelindung stop kontak adalah solusi yang paling baik untuk menjaga anak-anak dari bahaya sengatan listrik.

Selain itu, anak-anak harus diawasi dengan ketat sepanjang waktu saat menggunakan peralatan listrik. Mereka sangat  mudah tergoda untuk memasukkan jari mereka ke dalam kocokan atau pisau yang sedang bergerak cepat.

Ada solusi yang sangat aman dan bijak bila anak memerlukan Mixer ataupun Food Processor untuk keperluan memasak, yaitu dengan menggunakan Tupperware Quick Chef dan Speedy Chef. Quick Chef adalah pengolah bahan makanan yang serbaguna tanpa listrik sehingga aman dan nyaman untuk digunakan oleh anak. Memiliki 3 pisau tajam untuk memotong, dan dilengkapi dengan pengaduk yang berguna untuk mencampur dan mengaduk makanan yang bersaus dan berbumbu. Dengan knob yang besar dan ergonomis sehingga nyaman saat diputar. Terdapat corong untuk memasukkan cairan seperti saus, minyak, atau bumbu kedalam bahan olahan tanpa harus membuka cover sehingga lebih aman. Silikon yang berada di permukaan bawah wadah untuk menjaga produk ini tetap kokoh dan tidak mudah tergelincir saat digunakan.

Sedangkan Speedy Chef adalah mixer tanpa listrik, produk ini benar-benar aman untuk anak karena tidak mempunyai bagian-bagian tajam. Dengan kapasitas besar yaitu 1.35 L, dan mengocok 27 kali dalam 1 putaran, Speedy Chef mampu mengocok telur, krim, saus, maupun adonan ringan tanpa menggunakan listrik.

8. Awasi anak bila berurusan dengan air panas atau mendidih.

Membawa panci air panas bisa menjadi urusan yang berbahaya, ada uap yang bisa tiba-tiba mengepul di wajah anak, berat panci, atau panas tak terduga dari pegangan, semuanya harus diwaspadai. Kebanyakan anak tidak pandai membawa benda-benda berat, bahkan untuk jarak yang dekat, jadi jangan biarkan mereka melakukannya sama sekali.

Bila semua peraturan dan pedoman di dapur sudah dijelaskan dan diterapkan kepada anak, maka Anda dan si kecil siap untuk memasak bersama, namun tetap awasi si kecil selama di dapur.

Selamat memasak bersama si kecil!

Bagikan tips ini :

Produk terkait

Quick Chef

Speedy Chef

Tips Terkait

Yuk, perbaiki cara belanjamu sekarang!

Sayangi Bumbu Dapur Anda

Cara Jitu Usir Minyak Nakal di Wadah Plastik

Tips Populer lainnya

Merawat Kulkas, Bersih dan Sehat

Lemari es/ Kulkas adalah bagian penting dalam kehidupan keluarga. Kulkas adalah tempat menyimpan bahan makanan segar dan beku untuk kebutuhan keluarga.

Cermat Menyimpan Berbagai Makanan

Setiap bahan makanan beda jenisnya, tentu beda pula cara penyimpanannya.

Tips Memasak Sekaligus Merawat Peralatan Dapur dengan Cara Sehat

Beberapa pakar dapur serta chef paling berpengalaman sekalipun pernah melakukan kesalahan. Namun, dari kesalahan itulah mereka belajar dan menjadi seseorang yang profesional. Berikut adalah tips dari mereka yang berpengalaman tentang cara memasak dan merawat peralatan dapur dengan cara yang sehat.