Kenapa Sih Harus Punya Microwave? 5 Fitur Ini Jawabannya

Selain kulkas, microwave adalah peralatan elektronik dapur yang harus ada di rumah. Bukan tanpa alasan, tapi microwave memiliki kelebihan fungsi yang akan memudahkan aktivitas di dapur sehari-hari.
Misalkan saja saat menyiapkan sarapan untuk suami dan anak-anak, tak perlu lagi Anda sibuk mengolah bumbu dan memasak menggunakan kompor. Cukup siapkan saja resep sarapan yang praktis, dan langsung masak menggunakan microwave. 
Memangnya bisa memasak di dalam microwave? Pastinya, dong. Fungsi microwave sebenarnya tidak hanya terbatas untuk memanaskan makanan, namun ada bermacam fitur yang memungkinkan kita untuk menyiapkan sarapan lebih praktis dan mudah dengan microwave.

Itulah mengapa microwave menjadi elektronik yang harus ada di dapur, karena ada 6 fitur andalan ini:

 

Reheat
Fungsi dasar yang dimiliki microwave adalah fitur untuk memanaskan makanan. Jenis apa saja? Jika Anda masih punya sisa makanan tadi pagi, di sore hari Anda bisa memanaskan kembali ke dalam microwave supaya tetap lezat saat disantap. Selain itu, kalau di canister ada keripik yang sudah mulai melempem, bisa juga masukkan ke dalam microwave untuk dipanaskan. Hasilnya, keripik akan renyah! Saat ini juga sudah banyak toko roti yang merekomendasikan untuk memanaskan rotinya kembali jika sudah beberapa jam ada di suhu ruangan.
Fungsi reheat tidak terbatas pada makanan saja, namun ada fitur microwave yang berfungsi untuk memanaskan teh dan kopi! Wow, hidup terasa makin mudah, ya.

 

Memanggang
Untuk microwave tipe convection, terdapat fungsi tambahan untuk memanggang. Nah, fitur ini tentunya akan memudahkan Anda saat menyajikan masakan untuk suami dan anak-anak tercinta, kan?
Saat ingin membuat salmon grilled, atau chicken grilled, bahkan membuat mac n cheese pun sangat mudah menggunakan microwave! Fungsi memanggang nya pun tidak perlu waktu lama, hanya beberapa menit saja. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca pada buku panduan dan resep supaya matangnya sempurna.

 

Defrost
Defrosting atau mencairkan makanan beku biasanya juga dimiliki semua microwave, yang standar sekalipun. Kemampuannya menghasilkan panas sangat direkomendasikan untuk mencairkan bahan makanan yang baru keluar dari freezer. Jadi, jika Anda ingin membuat ayam panggang tidak perlu lagi harus mendiamkan dagingnya pada rak kulkas bawah, namun setelah dikeluarkan dari lemari es langsung saja masukkan microwave untuk dicairkan. Mudah dan hemat waktu, kan?

 

 

Popcorn
Mau nonton film bersama anak-anak di rumah sambil menikmati popcorn ala di bioskop? Bisa, dong. Microwave memudahkan seluruh aktivitas di rumah, termasuk menyenangkan anak-anak dengan membuat popcorn sendiri.
Caranya pun mudah, cukup masukkan jagung bahan popcorn beserta bumbu, dan tekan tombol fitur popcorn untuk memasak. Hanya beberapa menit saja, popcorn sudah matang dan bisa dinikmati. Rasanya pun tak kalah dengan yang dijual di bioskop, lho.

 

Mengukus
Siapa bilang microwave hanya bisa untuk menghangatkan makanan? Melalui energi panas, dibantu dengan uap air, microwave berfungsi untuk mengukus makanan. Ada yang berbentuk tangki ataupun wadah persegi.

Saat menggunakan wadah persegi, sistem pengukusnya terletak pada bagian bawah microwave oven. Terdapat wadah yang diisi air, kemudian pada bagian atas ada sekat sebagai tempat meletakkan masakan. Dan ketika dipanaskan, uap air yang terbentuk akan digunakan untuk mengukus bahan makanan tersebut.

 

Child Safety Lock
Sekarang tak perlu khawatir kalau anak-anak main ke dapur, karena sudah banyak produsen microwave yang memperhatikan keselamatan saat penggunaan. Ditambahkannya fitur Child Safety Lock akan mengunci pintu microwave saat proses memasak agar tidak mudah dibuka oleh anak-anak.

 

Timer
Memanaskan makanan ataupun memasak menggunakan microwave dapat meminimalisir gosong, karena elektronik dapur ini punya fitur timer (pengatur waktu) untuk setiap proses. Kalau ingin memanaskan sayur sup saja, cukup atur waktu ke 3 menit. Setelah 3 menit, fungsi reheat akan otomatis mati. Fungsi yang memudahkan dan cukup aman, ya?

 

Dengan kemudahan yang ditawarkan microwave, pasti Anda ingin memilikinya di rumah, kan? Jadi tunggu apalagi, selamatkan pagi Anda yang berharga dengan efisiensi memasak menggunakan microwave.

 

 

Baca juga : Nggak Pake Repot, Ini Cara Merawat Kompor Induksi

Bagikan tips ini :

Produk terkait

Pocket Cooker

Tips Terkait

Natal Semakin meriah dengan 3 Jenis Toples Cantik Berikut Ini!

Cara Tepat Masak Ikan Pakai Pressure Cooker

Cara Aman Simpan Tabung Gas Sebelum Ditinggal Mudik

Tips Populer lainnya

Merawat Kulkas, Bersih dan Sehat

Lemari es/ Kulkas adalah bagian penting dalam kehidupan keluarga. Kulkas adalah tempat menyimpan bahan makanan segar dan beku untuk kebutuhan keluarga.

Cermat Menyimpan Berbagai Makanan

Setiap bahan makanan beda jenisnya, tentu beda pula cara penyimpanannya.

Tips Memasak Sekaligus Merawat Peralatan Dapur dengan Cara Sehat

Beberapa pakar dapur serta chef paling berpengalaman sekalipun pernah melakukan kesalahan. Namun, dari kesalahan itulah mereka belajar dan menjadi seseorang yang profesional. Berikut adalah tips dari mereka yang berpengalaman tentang cara memasak dan merawat peralatan dapur dengan cara yang sehat.