Meal Preparation, Buat Puasa Lebih Sehat dan Hemat!

Saat bulan Ramadan seringkali kita melewatkan makan sahur hanya karena bangun kesiangan. Atau, jam alarm sudah diatur tapi tetap saja terlambat sehingga makan sahur menjadi terburu-buru. 
Akibatnya, kita hanya mengandalkan bahan makanan cepat saji yang ada di kulkas seperti daging olahan yang tinggal goreng atau makanan kalengan. Cukup panaskan 5 menit, bisa langsung santap. Padahal jenis makanan olahan ini kurang baik bagi kesehatan tubuh, lho. Apalagi sebagai menu sahur, asupan nutrisi yang kurang akan membuat tubuh terasa lemas dan tidak berenergi. Pekerjaan di kantor menjadi terbengkalai karena kurang konsentrasi. Nah, menghindari kejadian seperti ini terulang kembali, yuk Ramadan kali ini mulai terapkan meal-preparation di rumah!
 
 
Meal-Preparation Dukung Pola Hidup Sehat
 
 
Meal-preparation adalah satu cara yang banyak digunakan orang-orang yang ingin memiliki hidup sehat dengan mengatur makanannya, yang disiapkan hanya dalam satu hari untuk menu mingguan. Caranya?
Di hari Sabtu, buat daftar rencana menu makanan sehat apa saja yang akan disantap selama seminggu. Bukan hanya rencana menu saja, namun Anda juga wajib membuat daftar bahan makanan apa yang harus dibeli.
Jika semua sudah masuk ke dalam catatan, segera berbelanja sesuai dengan catatan yang Anda sudah buat tadi. Untuk harga yang lebih miring, Anda bisa berbelanja ke pasar tradisional, atau manfaatkan promo diskon di supermarket terdekat.
Sesampainya di rumah, segera olah bahan makanan tersebut menjadi bermacam menu sesuai dengan catatan. Supaya lebih sehat, pilih metode rebus, kukus atau panggang saja, ya.
Setelah selesai, wadahkan masing-masing masakan ke dalam wadah ketat udara dan simpan dalam freezer. Untuk makan sahur besok pagi Anda cukup memanaskan kembali ke dalam microwave sebelum disantap. 
 
 
 
Maksimalkan Penggunaan Bahan
 
 

Yap! Meal-preparation memaksa Anda untuk cermat berhitung memperkirakan bahan makanan apa saja yang harus dibeli dan berapa jumlahnya. Contohnya saat akan mengolah ayam, saat membuat rencana menu pikirkan masak-masak akan membuat berapa menu dan untuk berapa porsi masakan. Pastikan bahan makanan yang dibeli cukup untuk semua, dan tidak bersisa sehingga minggu depan Anda tidak perlu mengolah ayam sisa minggu ini. Sama halnya dengan sayuran, usahakan sayur yang dibeli bisa langsung habis dalam sekali olah, ya. Hal ini bermanfaat untuk membuat ruang kulkas tetap lega dan Anda memperoleh bahan makanan segar setiap minggu.

 

Apa Saja Yang Dapat Disimpan Di Dalam Freezer?

  • Bumbu dapur segar
  • Buah dan sayuran potong
  • Roti tawar, roti gandum, kulit tortila, dan olahan tepung lain
  • Protein hewani mentah
  • Masakan jadi

 

Yuk coba masukkan ke dalam daftar, masakan apa saja yang ingin disantap dalam waktu seminggu ini dan berapa total uang yang dihabiskan untuk berbelanja? Bandingkan jika Anda lebih sering menggunakan layanan pesan antar atau memasak dadakan?

Kebiasaan meal-preparation akan memaksa Anda untuk tidak mengulang belanja, sehingga akan menghemat pengeluaran. Selain itu, bonusnya adalah badan lebih sehat karena pola makan dan asupan nutrisi terjaga baik. Badan tetap berenergi selama berpuasa seharian!

Bagikan tips ini :

Produk terkait

Fresh Lime Collection

Fresh Mint Collection

Tips Terkait

Natal Semakin meriah dengan 3 Jenis Toples Cantik Berikut Ini!

Cara Aman Simpan Tabung Gas Sebelum Ditinggal Mudik

3 Tips Mudah Persiapkan Acara Arisan Lebih Berkesan

Tips Populer lainnya

Merawat Kulkas, Bersih dan Sehat

Lemari es/ Kulkas adalah bagian penting dalam kehidupan keluarga. Kulkas adalah tempat menyimpan bahan makanan segar dan beku untuk kebutuhan keluarga.

Cermat Menyimpan Berbagai Makanan

Setiap bahan makanan beda jenisnya, tentu beda pula cara penyimpanannya.

Tips Memasak Sekaligus Merawat Peralatan Dapur dengan Cara Sehat

Beberapa pakar dapur serta chef paling berpengalaman sekalipun pernah melakukan kesalahan. Namun, dari kesalahan itulah mereka belajar dan menjadi seseorang yang profesional. Berikut adalah tips dari mereka yang berpengalaman tentang cara memasak dan merawat peralatan dapur dengan cara yang sehat.