Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Kulkas baru berumur 2 tahun, tapi kok sudah tidak dingin. Padahal elektronik ini punya peran penting di rumah. Coba bayangkan kalau tidak ada kulkas di rumah, di mana lagi akan kita simpan sayuran dan bahan makanan lainnya agar tetap segar dan awet. Kalau tidak ada kulkas, kita sudah tak bisa lagi membuat kreasi minuman es.
Pasti rasanya hampa.

Tahukah Anda, kulkas yang menjadi tidak dingin ada berbagai penyebabnya. Bisa jadi karena kesalahan pemakaian atau faktor usia. Kulkas menjadi tidak dingin bisa juga dipengaruhi oleh kondisi kompresor yang rusak Yuk kenali beberapa penyebab kulkas tidak dingin:

 

  • Bunga Es Terlalu Tebal

Kulkas jaman sekarang biasanya sudah tanpa bunga es, namun jika Anda masih menggunakan kulkas dengan bunga es, harus sering dicek dan dibersihkan. Bunga es yang terlalu tebal akan menutupi lubang angin, padahal lubang ini berfungsi untuk mendinginkan udara dalam kulkas.

Jika bunga es sudah terlalu tebal, yang perlu Anda lakukan adalah mencairkannya. Buka pintu kulkas dan letakkan kipas angin menyala di depannya, biarkan sampai semua es mencair sampai freezer menjadi bersih kembali.

Jika sudah mencair, Anda bisa membuang air yang ditampung pada bagian bawah freezer. Pastikan semua sisa air sudah dibuang, ya. Kemudian lap menggunakan kain bersih sampai kering. Agar tidak terjadi lagi, pastikan Anda rutin membersihkan kulkas seminggu sekali, ya.

 

  • Salah Pengaturan

Kondisi ini biasanya terjadi pada kulkas yang baru dibeli. Jika Anda berpikiran untuk menyetel suhu paling dingin saat pertama kali dinyalakan, ini adalah kebiasaan yang salah. Selama di toko, kulkas dalam kondisi mati sehingga bagian dalamnya masih panas dan lembab. Biarkan kulkas beradaptasi, setel ke suhu yang tidak terlalu dingin. Jika Anda rasa kulkas sudah dingin, selanjutnya Anda bisa mengaturnya kembali supaya suhu dinginnya bisa maksimal.

 

  • Kebiasaan Menyimpan Makanan Panas

Kesalahan ini juga sering dilakukan pada banyak orang, yaitu selesai memasak langsung memasukkan makanan ke dalam kulkas. Ada yang beralasan terburu-buru, atau dengan tujuan supaya lebih cepat dingin.
Segera tinggalkan kebiasaan ini, ya. Suhu panas dari makanan akan lebih dominan, sehingga suhu di sekitarnya akan mengikuti. Akibatnya, makanan di sekitarnya juga akan memanas, sama halnya dengan ruangan dalam kulkas. Membiarkan makanan panas masuk ke dalam kulkas juga akan membuat mesin kulkas bekerja lebih keras untuk menghasilkan suhu dingin, dan hal ini berpotensi mengurangi umur kulkas.

 

  • Posisi Terlalu Dekat Dengan Peralatan Panas

Usaha kulkas untuk menurunkan suhu di dalamnya pun dipengaruhi juga dengan posisi penempatannya. Hindari meletakkan kulkas berdekatan dengan kompor, ya, karena jika posisi kulkas berdekatan dengan lingkungan yang panas ia akan kesulitan menurunkan suhu.
Kalau mau kulkas tetap dingin dan awet sebaiknya jauhkan dari kompor, penghangat ruangan dan peralatan penghasil panas lainnya.

 

  • Kondisi Pintu Kulkas

Kulkas yang sudah berumur sebenarnya bisa menjadi alasan utama menurunnya kinerja untuk menurunkan suhu, namun harus dicek lagi bagian mana yang sudah rusak. Untuk kulkas yang tidak dingin, biasanya kendala ada di karet pintu sehingga kulkas sulit tertutup rapat. Akibatnya udara luar terus masuk ke dalam, sehingga ruangan dalam kulkas pun tidak dingin lagi. Lakukan pengecekan rutin setahun sekali untuk mendeteksi kesehatan karet pintu kulkas.

 

Intinya, seluruh peralatan elektronik terutama kulkas harus dicek rutin agar bisa diketahui jika ada kendala. Perawatan berkala bermanfaat untuk menjaga keawetan perabot rumah tangga Anda, lho.

 

Baca juga:
Ini Rahasia Cerdas Memilih Kompor Induksi Terbaik
Macam-Macam Style untuk Percantik Sajian Makanan

Bagikan tips ini :

Produk terkait

Slim Line 2L

Ventsmart 1,8L (2)

Fresh Lime Collection

Tips Terkait

Natal Semakin meriah dengan 3 Jenis Toples Cantik Berikut Ini!

Cara Aman Simpan Tabung Gas Sebelum Ditinggal Mudik

3 Tips Mudah Persiapkan Acara Arisan Lebih Berkesan

Tips Populer lainnya

Merawat Kulkas, Bersih dan Sehat

Lemari es/ Kulkas adalah bagian penting dalam kehidupan keluarga. Kulkas adalah tempat menyimpan bahan makanan segar dan beku untuk kebutuhan keluarga.

Cermat Menyimpan Berbagai Makanan

Setiap bahan makanan beda jenisnya, tentu beda pula cara penyimpanannya.

Tips Memasak Sekaligus Merawat Peralatan Dapur dengan Cara Sehat

Beberapa pakar dapur serta chef paling berpengalaman sekalipun pernah melakukan kesalahan. Namun, dari kesalahan itulah mereka belajar dan menjadi seseorang yang profesional. Berikut adalah tips dari mereka yang berpengalaman tentang cara memasak dan merawat peralatan dapur dengan cara yang sehat.