Kulkas Dan Chiller, Apa Bedanya?

Seringkali saat ke toko elektronik para marketing disana menawarkan promo kulkas, blender bahkan chiller. Dan tak jarang juga kita menjadi bingung, di rumah kan sudah ada kulkas apakah harus beli yang baru atau harus punya chiller juga?

Nah, kalau soal ini sebenarnya Anda tidak perlu bingung lagi, ya. Kulkas dan chiller memang tampak sama fungsinya, padahal sebenarnya berbeda, lho. Berikut perbedaannya:

 

  • Bentuk Fisik

Jika dilihat dari bentuk fisiknya, kita sebenarnya sudah bisa mengidentifikasi mana yang dinamakan kulkas dan mana chiller freezer.

Kulkas Fridge umumnya memiliki 2 varian yaitu 1 pintu dan 2 pintu dimana keduanya memiliki dual fungsi, yaitu bagian atas sebagai tempat freezer dan bagian bawah untuk menyimpan bahan makanan pada suhu dingin. Dengan menggunakan kulkas, Anda bisa menyimpan beragam makanan dan minuman untuk agar lebih tahan lama. Contohnya: simpan daging dan es di dalam freezer, dan masukkan sayuran, buah, coklat dan infused water ke kulkas bagian bawah.

Sedangkan chiller freezer biasanya berbentuk kotak (seperti kulkas es krim dan makanan beku yang ada di supermarket), yang berukuran melebar. Chiller juga dilengkapi dengan beberapa slot untuk membekukan makanan atau minuman.

 

  • Suhu Maksimal Untuk Pendinginan

Chiller freezer didesain untuk membekukan air menjadi es batu sehingga banyak penjual es krim atau makanan beku memilih menggunakan chiller untuk menyimpan bahan makanan. bisa mendinginkan makanan hingga -28 derajat Celcius. Dengan suhu ini kita bisa membuat es batu dalam jumlah banyak, atau sekedar menyimpan daging dalam waktu lebih lama (bisa bertahan sekitar 1-3 bulan). Selain itu, karena ukurannya yang cukup besar untuk menampung banyak bahan makanan, bagi ibu menyusui chiller sangat bermanfaat untuk menyimpan ASI perah supaya awet. Karena biasanya freezer pada kulkas kapasitasnya terbatas.

Sedangkan kulkas memiliki tingkat suhu maksimal pendinginan mencapai 0 derajat Celcius sehingga umumnya kulkas yang digunakan di rumah hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan dan minuman agar tetap dingin dan segar. Kecuali Anda menyimpan daging ke dalam freezer bagian atas, kualitasnya akan sama seperti chiller.

 

  • Kapasitas dan Pengaturan Letak Makanan

Jika dilihat dari kapasitasnya untuk menyimpan makanan, chiller bisa dibilang juara karena memang didesain cukup luas untuk menyimpan makanan dan minuman dalam jumlah besar secara horizontal. Sehingga tata letak penyimpanannya pun terbilang lebih luas dan bisa memuat banyak makanan dan minuman.

Di sisi lain, kulkas memiliki keunggulan dari sisi efisiensi penggunaan tempat karena desainnya vertikal meninggi. Juga, kulkas memiliki susunan rak untuk menyusun setiap bahan makanan. Di balik pintunya pun juga disediakan rak untuk menyimpan kemasan makanan, minuman hingga telur. Dengan memaksimalkan fungsi penyimpanannya, untuk keperluan di rumah Anda bisa memilih kulkas. Untuk kapasitas penyimpanan yang lebih besar, Anda bisa memilih kulkas dua pintu yang lebih besar.

 

  • Konsumsi Daya Listrik

Menurut Anda kira-kira mana yang akan lebih sering digunakan dan dibuka, kulkas atau chiller?

Karena fungsinya untuk menyimpan bahan makanan dan minuman beku, chiller nyatanya paling jarang dibuka. Hal ini tak lain karena kita sudah tau jangka waktu penyimpanan dalam chiller sehingga kita bisa atur sendiri kapan bahan makanan mau digunakan.

Beda halnya dengan kulkas biasa, karena fungsinya bisa menyimpan berbagai makanan dan minuman sehingga dalam keseharian akan lebih sering digunakan (dibuka dan ditutup). Saat membuka pintunya, kulkas akan memerlukan daya listrik lebih besar untuk menstabilkan suhu dingin. Padahal kita hanya sekedar mengambil minuman dingin atau buah saja, lho. Namun saat pintu kulkas dibuka, otomatis suhu dingin akan keluar dan suhu ruangan yang hangat akan memasuki ruang kulkas. Akibatnya saat pintu ditutup, kulkas akan mengambil daya listrik lebih untuk menghasilkan suhu dingin. Kesimpulannya, kulkas memakan daya listrik lebih besar.

 

Sekarang sudah cukup jelas ya perbedaan kulkas dan chiller, jadi tidak perlu bingung lagi mana yang harus dimiliki di rumah. Lihat dari segi fungsinya saja, mana yang lebih diperlukan. Pastikan Anda memilih produk yang memiliki fungsi energy saver ya, supaya tagihan listrik lebih hemat!

 

Baca juga:
Langkah Mudah Mengusir Bau Pada Kulkas
Memilih Kulkas Hemat Listrik? Ikuti Tips Ini, Yuk

Bagikan tips ini :

Produk terkait

Medium Freezermate with Dial

Pocket Freezermate with Dial

Ventsmart 4,4L (1)

Tips Terkait

Natal Semakin meriah dengan 3 Jenis Toples Cantik Berikut Ini!

Cara Aman Simpan Tabung Gas Sebelum Ditinggal Mudik

3 Tips Mudah Persiapkan Acara Arisan Lebih Berkesan

Tips Populer lainnya

Merawat Kulkas, Bersih dan Sehat

Lemari es/ Kulkas adalah bagian penting dalam kehidupan keluarga. Kulkas adalah tempat menyimpan bahan makanan segar dan beku untuk kebutuhan keluarga.

Cermat Menyimpan Berbagai Makanan

Setiap bahan makanan beda jenisnya, tentu beda pula cara penyimpanannya.

Tips Memasak Sekaligus Merawat Peralatan Dapur dengan Cara Sehat

Beberapa pakar dapur serta chef paling berpengalaman sekalipun pernah melakukan kesalahan. Namun, dari kesalahan itulah mereka belajar dan menjadi seseorang yang profesional. Berikut adalah tips dari mereka yang berpengalaman tentang cara memasak dan merawat peralatan dapur dengan cara yang sehat.