Percantik Jamuan Pesta Dengan Dekorasi Unik Ini

Perayaan hari raya semakin dekat, waktunya mempersiapkan jamuan pesta. Mulai dari makanan, tema yang akan digunakan, hingga lokasi. Bagi Anda yang memiliki halaman luas di belakang rumah, atau ruang makan yang cukup luas, manfaatkan kelebihan ini, yuk!

Daripada harus membuat pesta di hotel, lebih baik fungsikan ruang-ruang di rumah dan kreasikan bermacam menu favorit keluarga untuk menjadi hidangan pesta.

Hias meja agar lebih semarak dan menambah suasana santap lebih menyenangkan. Baik tata meja untuk berdua, berempat, hingga tata meja buffet untuk jumlah orang yang lebih banyak, tak lupa beri dekorasi sebagai sentuhan penyelaras tata meja dan sajian. Yang membuat jamuan terasa istimewa akan tergantung dari Anda menata meja sesuai dengan tema yang ditentukan.

 

Centerpiece

Suatu tata meja memerlukan centerpiece, yang sering disebut juga focus point atau pusat perhatian agar suasana jamuan menjadi lebih indah dan tamu merasa terkesan. Secara umum, centerpiece yang sering digunakan adalah rangkaian bunga, namun saat ini centerpiece disesuaikan dengan tema jamuan yang akan ditampilkan. Tidak hanya bunga yang dirangkai khusus atau kelopak bunga yang disebarkan di atas meja santap, centerpiece juga bisa dikreasikan dari rangkaian buah, lilin-lilin yang diatur secara atraktif. Daun rempah segar, kado-kado mini dengan aksen unik atau aksesori lain yang memiliki poin unik pun bisa Anda gunakan.

Agar tetap menjadi fokus perhatian, peletakan centerpiece pun perlu diperhatikan untuk keselarasan desain tata meja. Untuk meja bundar, centerpiece paling ideal diletakkan di bagian tengah meja. Sedangkan pada meja panjang, Anda bisa menempatkan centerpiece secara berulang mengikuti arah garis rangkaian yang serasi sesuai panjang meja.

 

  • Centerpiece Bunga
  1. Pilih bunga segar dan beraroma tidak tajam agar tidak menimbulkan alergi bagi tamu.
  2. Untuk bunga buatan atau bunga artifisial, pilih yang kualitasnya bagus, mudah dicuci, mudah dibentuk sesuai dengan bunga yang dibuat, mudah dipadupadankan dengan bunga artifisial lainnya.
  3. Satu rangkaian bunga bisa terdiri dari satu jenis bunga atau beberapa jenis bunga. Bisa terdiri dari satu nada warna atau gabungan beberapa warna bunga.
  4. Jangan takut bereksperimen dengan keragaman bunga berikut jenis dan warnanya plus cara merangkainya.
  5. Wadah rangkaian bunga baik yang tunggal ataupun berkelompok perlu diperhatikan juga, gunakan kepekaan ketika memilihnya.
  • Centerpiece Buah
  1. Untuk rangkaian buah, pilih buah sesegar mungkin. Padukan macam-macam jenis buah dengan beragam warna menarik menjadi satu rangkaian yang menarik, dan beri filler (pengisi) jika perlu.
  2. Jika memakai buah artifisial, taruh di meja dekor lainnya sebagai unsur dekorasi. Sebisa mungkin tidak ditaruh di meja makan atau meja buffet karena bisa menyesatkan tamu.
  3. Jika memakai dedaunan untuk centerpiece, pilih yang sesuai tema. Jika jamuan bertema rempah-rempah, pakai daun rempah, taruh dalam wadah mirip pot agar cantik. Bisa juga memakai daun artifisial untuk menciptakan efek kebun yang indah. Yang penting daun harus bersih dan bebas debu, baik untuk asli/segar ataupun untuk daun artifisial.
  4. Gunakan imajinasi untuk menatanya menjadi centerpiece yang indah.

 

Aneka Vas

Centerpiece bergantung pada bentuk dan ukuran wadahnya, karena seberapa besar dan tinggi centerpiece akan menentukan apakah ia berperan sebagai focus point dari sebuah tatanan meja makan. Namun, tentukan dahulu bentuk dan besar meja makan. Namun, tentukan dahulu bentuk dan besar meja sebelum memilih wadah yang sesuai dengan tema. Hindari centerpiece yang terlalu dominan atau terlalu kecil. Centerpiece yang baik adalah seimbang antara besar, tinggi dan dapat membangun suasana yang dikehendaki dari sebuah tema jamuan.

 

Perhatikan Pencahayaan

Pencahayaan adalah salah satu elemen penting yang mampu menampilkan suasana yang diinginkan. Pencahayaan bisa membentuk ambience tersendiri pada sebuah pesta. Sumber pencahayaan bisa diperoleh dari sinar matahari, lampu, lilin atau obor. Bahkan, lilin dan obor bsa Anda gunakan sekaligus untuk menambah meriah suasana perayaan.

 

  • Lampu

Pencahayaan yang tepat akan menghasilkan efek dramatis dan hangat selama jamuan berlangsung. Anda bisa menggunakan lampu yang sudah ada di ruangan, atau bisa juga menambahkan lampu lain. Lampu yang redup (bluish atau yellowish) dapat membentuk suasana berbeda dibandingkan cahaya lampu putih, juga memberikan efek hangat dan intim. Namun bisa tiba saat makan, sebaiknya gunakan cahaya yang terang, kecuali acara jamuan diadakan outdoor.

 

  • Lilin

Pencahayaan dari lilin merupakan pilihan yang dramatis untuk menghasilkan kesan romantis sekaligus mewah. Lalu, lilin seperti apa yang cocok digunakan untuk jamuan pesta?

Dari bermacam jenisnya, lilin berbentuk pikar cocok diletakkan di tengah sebagai centerpiece dan dirangkai bersama bunga. Sedangkan lilin apung dapat Anda letakkan di sebuah jambangan lebar berisi air dan bunga potong. Bila dinyalakan, lilin apung akan memberi efek dramatis yang menyenangkan.

Jika Anda menginginkan suasana pesta romantis, letakkan lilin di seluruh bagian meja dengan peletakan yang cantik, dan padukan bersama bunga-bunga. Atau supaya lebih dramatis, Anda bisa meletakkan lilin dan bunga mulai dari pintu masuk hingga ke ruang makan.

 

  • Obor

Obor sangat cocok untuk menambah suasana dramatis ketika Anda mengadakan pesta di laur ruangan. Bisa di kebun atau tepi pantai. Letakkan obor di sana-sini untuk memberi kesan hangat dan ruistic, namun pastikan nyala obor tidak terlalu besar agar para tamu tidak terganggu dengan asapnya.

 

  • Lampion

Gunakan lampion sebagai pemanis penerangan, karena cahaya lampion hanya berpendar sehingga tidak bisa menjadi penerangan utama. Kreasi lampion dapat Anda gunakan untuk pesta di luar ruangan seperti di tepi pantai, untuk menambah kesan romantis selama jamuan berlangsung.

 

Aksesori

Pernak-pernik seperti taburan bunga, daun kering, ranting, bunga kering, alas gelas, bahkan belakangan kaki goblet berperan menjadi finishing touch dari penampilan tata meja. Anda bisa sandingkan pada tatanan meja bergaya etnik yang diatur di teras kebun, dengan menaburkan beberapa helai daun kering yang telah dibersihkan. Sentuhan akhir ini akan menjadi kunci penyempurna gaya tatanan meja jamuan Anda.

 

Kreasi Linen

Satu hal yang tak kalah penting untuk menghasilkan tata meja elegan adalah taplak meja linen/katun berkualitas yang dikreasikan menjadi bentuk sedemikian rupa.

Taplak meja berfungsi untuk menutup permukaan meja sekaligus memiliki fungsi sebagai dekorasi. Anda bisa membuat sendiri taplak meja sesuai dengan selera dari kain sutra, satin, katun, wol atau bahan lainnya. Pasang taplak meja secara proporsional dan tampak menggantung sehingga memikat para tamu.

Selain itu, placemat juga menjadi poin penting untuk membuat tatanan meja lebih serasi. Placemat adalah alas piring yang terbuat dari berbagai materi, untuk menjaga permukaan meja tetap bersih dari makanan yang jatuh dari piring.

Pasang juga tablemat berukuran kecil memanjang, pasang secara melintang di atas meja sebagai penanda di mana harus meletakkan piring sehingga terlihat lebih artistik.

Poin penting lain dalam sebuah jamuan adalah bermain dengan serbet. Selain memiliki fungsi utama untuk menyeka tangan/mulut setelah makan, lipatan serbet yang unik akan memberikan dekorasi yang cantik.

 

Bereksplorasi dengan beragam aksesori dan dekorasi tentunya sangat diperlukan untuk menghasilkan tata meja yang atraktif dan sesuai dengan tema yang diangkat. Nah, ini waktunya mengekspresikan semua imajinasi serta daya kreativitas Anda, buatlah tamu terkesan ketika duduk di meja makan, sehingga dapat menghadirkan kesan mendalam selama pesta berlangsung.

Bagikan tips ini :

Produk terkait

Tips Terkait

Natal Semakin meriah dengan 3 Jenis Toples Cantik Berikut Ini!

Cara Aman Simpan Tabung Gas Sebelum Ditinggal Mudik

3 Tips Mudah Persiapkan Acara Arisan Lebih Berkesan

Tips Populer lainnya

Merawat Kulkas, Bersih dan Sehat

Lemari es/ Kulkas adalah bagian penting dalam kehidupan keluarga. Kulkas adalah tempat menyimpan bahan makanan segar dan beku untuk kebutuhan keluarga.

Cermat Menyimpan Berbagai Makanan

Setiap bahan makanan beda jenisnya, tentu beda pula cara penyimpanannya.

Tips Memasak Sekaligus Merawat Peralatan Dapur dengan Cara Sehat

Beberapa pakar dapur serta chef paling berpengalaman sekalipun pernah melakukan kesalahan. Namun, dari kesalahan itulah mereka belajar dan menjadi seseorang yang profesional. Berikut adalah tips dari mereka yang berpengalaman tentang cara memasak dan merawat peralatan dapur dengan cara yang sehat.