Rahasia Cara Menyimpan Aneka Bumbu Bebas Lembap

Aneka makanan di Indonesia dikenal menggunakan beragam macam bumbu untuk memberikan citarasa pada hidangannya. Oleh sebab itu, keberadaan bumbu pada masakan menjadi point penting, bagaimana cara menyimpan yang kemudian berpengaruh pada rasa yang dihasilkan. Banyak dari kita menganggap remeh saat menyimpannya. Hingga pada akhirnya, bumbu menjadi lembap dan rasanya menjadi tak maksimal.

Baik bumbu dan rempah segar maupun bubuk, keduanya perlu disimpan dengan cara yang tepat agar rasa dan aromanya terjaga. Jangan sampai teknik menyimpan yang salah dapat merusak rasa. Lalu, bagaimana ya cara menyimpan bumbu dan rempah yang benar?

Cara Menyimpan Bumbu dengan Label

Cara pertama untuk menjaga citarasa dari bumbu adalah dengan menempatkannya jauh dari panas bersuhu tinggi. Misalnya, tidak menaruh aneka bumbu di atas atau dekat dengan kompor atau di atas kulkas. Karena panas dan uap lembapnya bisa merusak bumbu. Beri label pada botol atau kemasan bumbu rempah untuk menunjukkan waktu pembelian. Hal ini sangat membantu untuk menentukan apakah bumbu masih layak pakai atau tidak.

Simpan Bumbu dalam Tempat Kering

Simpan bumbu dan rempah di dalam tempat yang kering dan tidak lembap agar tahan lebih lama. Karena aneka bumbu yang disimpan di tempat lembap akan mudah menggumpal, sedangkan untuk bumbu yang belom diracik akan mudah tumbuh tunas. Selain itu, gunakanlah alat makan atau sendok yang kering untuk mengambil rempah dan juga bumbu.

Sangrai Sebelum Dihaluskan

Apakah kamu pernah mendengar bahwa teknik sangrai dapat membuat aneka rempah lebih tahan lama? Yap, teknik yang satu ini memang dapat mengurangi kandungan air dalam rempah, sehingga menjadikannya lebih awet. Setelah aneka bumbu dipanggang sebentar dan mengeluarkan rasa dan aromanya, kamu bisa menggilingnya menggunakan penggiling khusus atau bisa juga menggunakan penggiling kopi. Lalu, taruhlah di dalam wadah kedap udara dan tidak tembus udara.

Taruh dalam Wadah Kedap Udara

Ingin bumbu dan rempah awet tahan lama? Teknik yang satu inilah kuncinya! Simpanlah di dalam wadah kedap udara dan tidak tembus cahaya, misalnya di dalam wadah Spice T’ Go yang disimpan di dalam kabinet kitchen set. Sealnya yang air tight menjaga udara agar tidak dapat kelaur dan masuk, sehingga aroma tetap terjaga. Tak hanya itu, terdapat dua lubang yang berbeda, yang besar untuk mengeluarkan bumbu atau rempah dengan ukuran yang lebih besar, sedangkan sisi satunya untuk mengeluarkan bumbu yang sudah dihaluskan.

Nah, bagaimana? Sebenarnya mudah sekali bukan menjaga rasa dan aroma bumbu dapat terjaga kualitasnya. Hanya perlu teknik dan pemilihan wadah yang tepat, dan kamu tetap bisa merasakan kelezatan aneka masakan nusantara yang sempurna.

Bagikan tips ini :

Produk terkait

Tips Terkait

Kiat Sahur Sehat Agar Tidak Lemas Saat Puasa

Natal Semakin meriah dengan 3 Jenis Toples Cantik Berikut Ini!

Cara Tepat Masak Ikan Pakai Pressure Cooker

Tips Populer lainnya

Merawat Kulkas, Bersih dan Sehat

Lemari es/ Kulkas adalah bagian penting dalam kehidupan keluarga. Kulkas adalah tempat menyimpan bahan makanan segar dan beku untuk kebutuhan keluarga.

Cermat Menyimpan Berbagai Makanan

Setiap bahan makanan beda jenisnya, tentu beda pula cara penyimpanannya.

Tips Memasak Sekaligus Merawat Peralatan Dapur dengan Cara Sehat

Beberapa pakar dapur serta chef paling berpengalaman sekalipun pernah melakukan kesalahan. Namun, dari kesalahan itulah mereka belajar dan menjadi seseorang yang profesional. Berikut adalah tips dari mereka yang berpengalaman tentang cara memasak dan merawat peralatan dapur dengan cara yang sehat.