Simpan Minyak Di Tempat Yang Tepat

Minyak goreng menjadi bahan pangan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Penggunaan minyak goreng dalam pengolahan makanan bertujuan sebagai penghantar panas, menambah cita rasa makanan, menambah kalori, serta menciptakan tesktur dan warna pada makanan. Penyimpanan bahan makanan yang baik akan membuat masakan Anda tetap segar dan tahan lama, termasuk minyak goreng.

Penyebab kerusakan bahan makanan bisa bermacam-macam: karena mikroba, kapang, jamur, bahan kimia, dan suhu penyimpanan yang tidak tepat. Tentu saja, produsen minyak kemasan sudah memperhitungkan bahwa produk mereka bisa disimpan dalam waktu lama. Meski begitu, juga tak ada salahnya bila Anda pun cermat menyimpan minyak agar bisa bertahan lebih lama. Lalu bagaimana cara menyimpan minyak goreng yang baik?

Jauhkan Panas

Jauhkan minyak goreng Anda dari kompor atau benda apapun di dapur yang dapat menghasilkan panas, karena panas akan menguras antioksidan yang ada di dalam minyak sehingga dapat mempercepat proses pembusukan dan mengeluarkan bau tengik. Jadi letakkan minyak tersebut pada tempat yang sejuk.

Jangan Dicampur

Jangan mencampur minyak baru dengan minyak yang sudah pernah digunakan, agar tidak terjadi pencemaran.

Lemari Es

Beberapa jenis minyak goreng memang bisa disimpan di dalam kulkas untuk mencegah pembusukan. Menyimpan minyak jenis apapun di dalam lemari es akan membuat minyak tetap segar dan lebih lama, bahkan minyak berubah padat. Cukup keluarkan minyak dari lemari es sesaat sebelum digunakan.

Suhu Penyimpanan

Simpanlah minyak di tempat yang memiliki suhu penyimpanan yang stabil. Tempat penyimpanan minyak Anda tidak boleh memiliki suhu yang berubah-ubah. Perubahan suhu yang terjadi dapat mengurangi kualitas dari minyak goreng tersebut.

Hindari Cahaya Matahari

Karena suhu sangat mempengaruhi kualitas minyak goreng. Hindarkan penyimpanan minyak goreng Anda dari cahaya matahari secara langsung.

Wadah tertutup

Banyak kemasan minyak goreng tidak didukung dengan wadah yang tertutup. Pentingnya minyak goreng disimpan di wadah yang tertutup adalah untuk menhindarkan minyak goreng dari proses oksidasi yang dapat menurunkan kualitas dari minyak goreng Anda. Selain terhindar dari proses oksidasi, wadah untuk minyak goreng ini membuat Anda lebih mudah ketika menuangkan dan menyimpannya.

Dengan Tupperware Smart Saver Round Set (3) kini Anda tidak perlu khawatir menyimpan minyak goreng di dapur. Jika Anda membeli minyak goreng dalam ukuran besar, gunakan Tupperware Smart Saver Round 4 (2) yang mampu menyimpan minyak goreng sebanyak 930ml, sedangkan untuk ukuran yang lebih kecil Anda bisa gunakan Tupperware Smart Saver Round 2 (1)  yang mampu menyimpan minyak goreng Anda sebanyak 440ml yang cocok untuk digunakan sehari-hari. Selain penyimpanan yang praktis dan untuk menjaga kualitas minyak goreng Anda, dengan Tupperware Smart Saver Round Set (3) kini dapur Anda menjadi lebih rapih dan bersih dari minyak goreng yang tumpah berceceran saat memasak.

Bagikan tips ini :

Produk terkait

Tips Terkait

Cara Tepat Masak Ikan Pakai Pressure Cooker

Beda Jenis Beras, Beda Pula Cara Masaknya

Yuk, perbaiki cara belanjamu sekarang!

Tips Populer lainnya

Merawat Kulkas, Bersih dan Sehat

Lemari es/ Kulkas adalah bagian penting dalam kehidupan keluarga. Kulkas adalah tempat menyimpan bahan makanan segar dan beku untuk kebutuhan keluarga.

Cermat Menyimpan Berbagai Makanan

Setiap bahan makanan beda jenisnya, tentu beda pula cara penyimpanannya.

Tips Memasak Sekaligus Merawat Peralatan Dapur dengan Cara Sehat

Beberapa pakar dapur serta chef paling berpengalaman sekalipun pernah melakukan kesalahan. Namun, dari kesalahan itulah mereka belajar dan menjadi seseorang yang profesional. Berikut adalah tips dari mereka yang berpengalaman tentang cara memasak dan merawat peralatan dapur dengan cara yang sehat.