Bersihkan Kompor Gas Dengan Cara Ini

Tahukah Anda, peralatan dapur yang paling sering digunakan harus dibersihkan secara berkala, lho, untuk menjaganya supaya tetap bersih, higienis dan awet. Salah satunya adalah kompor gas, betul? Bagaimana tidak, hampir setiap hari kita menggunakan kompor untuk memasak dan tak jarang ada noda percikan minyak atau kuah kaldu yang mengotori permukaan kompor. Bahkan seringkali tetesan kuah dan makanan mengotori bagian ring. Kalau tidak dirawat, waah bisa-bisa noda semakin menempel dan lebih susah dibersihkan.

Membersihkan kompor gas pun juga tidak boleh sembarangan, ada cara-cara khusus agar tidak merusak bagian kompor. Ikuti cara berikut, yuk:

 

  • Lepaskan Ring, Cuci Sampai Bersih

Biasanya ring kompor gas bisa langsung dilepas dari tunggu sehingga kita bisa lebih mudah membersihkan. Namun jika ring menyatu dengan tungku, baca sekali lagi buku panduan bagaimana cara membersihkannya.

Setelah dilepas, rendam ring ke dalam campuran larutan air panas dan sabun cuci piring. Anda juga boleh menambahkan satu sendok makan asam sitrat agar proses pembersihan semakin optimal.

Untuk hasil maksimal, rendam ring selaa 2-4 jam sampai kotoran dan kerak membandel terangkat. Selanjutnya gosok menggunakan sikat gigi bekas sampai Anda benar-benar yakin kalau ring sudah bersih dari noda. Kemudian Anda bisa bilas dan keringkan menggunakan kain lap bersih.

 

  • Bersihkan Bagian Tungku

Tungku adalah bagian atas yang mengeluarkan api, sehingga ada perlakuan khusus untuk membersihkannya. Jika bagian ring bisa dibersihkan menggunakan air dan larutan sabun, namun beda halnya dengan tungku.

Hindari membersihkan tungku menggunakan larutan air dan sabun, karena akan membuat tungku basah dan lembab. Akibatnya api tidak akan menyala sempurna.

Tapi kan kita bisa keringkan setelah dicuci? Nah ini adalah cara yang kurang tepat, ya. Untuk bersihkan tungku Anda bisa gunakan krim khusus pembersih kompor, cukup oleskan saja pada tungku untuk membersihkan.

Diamkan beberapa menit supaya krim bekerja maksimal untuk meluruhkan kotoran. Dan jika ada noda membandel di bagian yang sulit dijangkau, sikat menggunakan sikat gigi bekas.

Jika cara di atas sudah dilakukan, sebagai tahap akhir gosok lap tungku menggunakan spons lembut atau kain lap kering.

 

  • Bersihkan Permukaan Kompor Gas

Bagian kompor gas paling rawan terkena kotoran adalah pada permukaan, sehingga sebaiknya dibersihkan setiap selesai memasak karena noda bekas memasak meninggalkan jejak yang sulit dibersihkan.

 

Jika Anda tidak memiliki cairan pembersih, yuk buat sendiri larutan pembersih menggunakan bahan-bahan alami berikut:

 

  • Baking Soda

Larutkan dua sendok makan baking soda dengan satu liter air hangat ke dalam botol semprotan, kocok hingga tercampur rata. Semprotkan larutan pada permukaan kompor, dan diamkan beberapa menit supaya larutannya bekerja. Selanjutnya bersihkan menggunakan kain kering, pastikan tidak ada noda yang tertinggal, ya.

 

  • Jeruk Nipis dan Cuka Apel

Jika Anda sering membaca info larutan cuka sebagai cairan pembersih peralatan dapur, ini sangat wajib dicoba.
Jeruk nipis dan cuka apel mengandung asam yang ampuh mengangkat noda membandel pada permukaan kompor gas.
Teteskan perasan jeruk nipis atau gosok potongan jeruk nipis ke permukaan kompor secara perlahan untuk membersihkan noda. Atau teteskan cairan cuka apel dan diamkan selama beberapa menit. Jika dirasa sudah cukup, lap menggunakan kain microfiber hingga bersih, ya.

 

  • Tepung Terigu

Anda pasti punya persediaan tepung terigu di dapur, kan? Nah, bahan makanan ini pun ternyata juga bermanfaat untuk membersihkan noda pada kompor gas, lho.

Taburkan tepung terigu secukupnya di atas permukaan kompor gas, kemudian bersihkan menggunakan kain lembab agar tepung terangkat.

 

  • Jangan Lupa Cek Selang Regulator

Bukan hanya bagian kompor saja yang perlu dibersihkan, tapi selang dan regulator tabung gas juga harus dirawat dan dibersihkan secara berkala untuk menjaga daya tahannya, lho.

Pastikan tekanan tabung gas dalam keadaan normal; jangan terlalu rendah atau tinggi, karena bisa berpotensi ledakan gas.

Untuk membersihkannya, Anda bisa mulai dengan lap bagian luar selang menggunakan kain lembab. Dengan cara ini, Anda bisa dengan mudah mengetahui jika ada kebocoran atau selang gas retak.

 

Supaya awet, bersihkan kompor beserta regulator dan tabung gas secara berkala:

  1. Bersihkan kompor dan area sekitarnya seusai memasak.
  2. Hindari menyalakan kompor tanpa adanya peralatan masak di atas kompor.
  3. Bersihkan bagian tombol kompor.
  4. Bersihkan tabung gas secara rutin.

 

Meskipun terlihat baik-baik saja, namun peralatan dapur perlu dibersihkan secara berkala sehingga Anda bisa mengetahui langsung kalau ada kerusakan supaya bisa segera diperbaiki. Selain itu, membersihkan dan merawat kompor gas rutin akan menjaga nyala api tetap biru sehingga masakan matang sempurna. Kalau kompor bersih, memasak pun jadi lebih semangat.

 

Baca juga:
Memilih Kulkas Hemat Listrik? Ikuti Tips Ini, Yuk
Langkah Mudah Mengusir Bau Pada Kulkas

Bagikan tips ini :

Produk terkait

Black Series Fry Pan 20 cm

Black Series Fry Pan 28 cm

Tips Terkait

Natal Semakin meriah dengan 3 Jenis Toples Cantik Berikut Ini!

Cara Aman Simpan Tabung Gas Sebelum Ditinggal Mudik

3 Tips Mudah Persiapkan Acara Arisan Lebih Berkesan

Tips Populer lainnya

Merawat Kulkas, Bersih dan Sehat

Lemari es/ Kulkas adalah bagian penting dalam kehidupan keluarga. Kulkas adalah tempat menyimpan bahan makanan segar dan beku untuk kebutuhan keluarga.

Cermat Menyimpan Berbagai Makanan

Setiap bahan makanan beda jenisnya, tentu beda pula cara penyimpanannya.

Tips Memasak Sekaligus Merawat Peralatan Dapur dengan Cara Sehat

Beberapa pakar dapur serta chef paling berpengalaman sekalipun pernah melakukan kesalahan. Namun, dari kesalahan itulah mereka belajar dan menjadi seseorang yang profesional. Berikut adalah tips dari mereka yang berpengalaman tentang cara memasak dan merawat peralatan dapur dengan cara yang sehat.