Tips Memasak Sekaligus Merawat Peralatan Dapur dengan Cara Sehat

Beberapa pakar dapur serta chef paling berpengalaman sekalipun pernah melakukan kesalahan. Namun, dari kesalahan itulah mereka belajar dan menjadi seseorang yang profesional.

Berikut adalah tips dari mereka yang berpengalaman tentang cara memasak dan merawat peralatan dapur dengan cara yang sehat.

1. Hindari sering membolak-balik masakan.

Cara ini adalah untuk memberikan rasa dan tekstur yang lebih konsisten pada masakan. Selain itu, kematangan masakan juga akan lebih merata. Perlu diingat bahwa membolak-balik makanan tidak mempercepat proses kematangan sebuah masakan, yang terjadi justru sebaliknya.

2. Salah bila wajan dipanaskan dengan api besar

"Kan supaya lebih cepat panas". Mungkin itulah pikiran yang terlintas di benak kebanyakan orang. Namun, memanaskan wajan dengan api besar bisa merusak bahan dan penampilan sebuah masakan. Seolah bahan masakan tersebut "kaget" dengan tingkat kepanasannya.

Usahakan untuk memanaskan wajan dengan api sedang, lalu besarkan api saat akan memasukkan bahan masakan. Misalnya saat akan menumis masakan dengan TChef Fry Pan. Panaskan secara wajar terlebih dahulu agar panasnya lebih merata.

3. Jangan menuangkan cairan pencuci ke peralatan masak.

Selain boros, menuangkan langsung cairan ini dinilai tidak efektif dan bisa meninggalkan zat kimia lalu menempel pada peralatan masak. Cukup larutkan cairan pencuci secukupnya, lalu celupkan spons pencuci sehingga peralatan lebih mudah dibilas dan bersih. Cara ini juga bisa merawat dan menjaga peralatan masak seperti TChef Fry Pan yang memiliki lapisan anti-lengket, sehingga lebih tahan lama dan tidak menyisakan zat kimia di permukaannya. Kesalahan tidak selamanya berdampak negatif. Bagi yang cerdas mengatasinya, sebuah kesalahan justru akan memberi sebuah pelajaran yang bermanfaat untuk semua orang.

Bagikan tips ini :

Produk terkait

Tips Terkait

Yuk, perbaiki cara belanjamu sekarang!

Sayangi Bumbu Dapur Anda

Cara Jitu Usir Minyak Nakal di Wadah Plastik

Tips Populer lainnya

Merawat Kulkas, Bersih dan Sehat

Lemari es/ Kulkas adalah bagian penting dalam kehidupan keluarga. Kulkas adalah tempat menyimpan bahan makanan segar dan beku untuk kebutuhan keluarga.

Cermat Menyimpan Berbagai Makanan

Setiap bahan makanan beda jenisnya, tentu beda pula cara penyimpanannya.

5 Kebiasaan Buruk yang Harus Diubah Saat Menyimpan Makanan dalam Kulkas

Agar kesehatan dan kesegaran makanan di dalam kulkas tetap terjaga dengan baik, ruang penyimpanan baik dalam fridge maupun freezer juga harus sehat. Cari tahu kebiasaan buruk yang harus dihindari agar kulkas tetap sehat berikut ini.