Tips memilih ikan segar

Ikan merupakan menu hidangan yang nikmat karena selain memiliki kandungan protein yang tinggi, daging pada ikan juga sangat lembut. Jadi sangatlah cocok untuk dipadukan dengan nasi hangat sebagai santapan si kecil.

Terkadang saat sudah sibuk membeli beragam persiapan bahan-bahan bumbu masakan, kita terlupa untuk benar-benar teliti dalam membeli ikan yang segar. Yuk mulai sekarang perhatikan apa saja ciri-ciri ikan yang segar!

Ikan segar memiliki ciri sebagai berikut:

1. Kulit

Ikan yang memiliki warna kulit yang terang dan cerah hampir dapat dipastikan memiliki ciri daging yang segar.  Kulit masih kuat membungkus tubuh, tidak mudah sobek, terutama bagian perut.  Warna – warna khusus dan corak pada ikan masih terlihat jelas, seperti warna kuning pada punggung dan ekor Ikan Ekor Kuning, corak pada Ikan Baronang, atau corak garis pada ikan Tongkol.

2. Sisik

Kesegaran ikan terlihat pada sisiknya yang melekat kuat dan mengkilat, sehingga jika dipegang terasa utuh dan tidak banyak yang terlepas.

3. Insang

Insang yang masih berwarna merah dan terang pada ikan, akan membuktikan bahwa ikan tersebut segar. Lamela insang juga terpisah dan tidak berdekatan. Pada ikan segar Insang biasanya tertutup oleh len­dir berwarna  jernih dan berbau segar spesifik ikan.

4. Mata

Ikan yang segar memiliki kondisi mata yang terang, jernih, agak cembung menonjol. Hati-hati jika mata ikan tenggelam atau masuk ke dalam, sebuah tanda bahwa ikan tersebut sudah tidak segar.

5. Daging

Tekstur daging kenyal, menandakan proses rigormortis masih berlangsung. Rigormortis adalah proses otot-otot yang bekerja dan membentuk otot kaku pada hewan dan ikan yang masih segar. Bila ditekan dengan jari, tidak tampak bekas lekukan. Daging ikan yang segar juga melekat kuat pada tulang. Daging perut khusus­nya, utuh dan kenyal.

Selain dari tekstur daging, ikan yang segar juga dapat ditandai dari daging dan bagian tubuh lainnya berbau segar spesifik ikan. Warna daging cerah dengan warna putih, merah, atau oranye bergantung spesifik jenis ikan. Misalnya ikan Salmon memiliki daging berwarna oranye, ikan Sarden, Tongkol dan Tuna yang lezat dengan daging berwarna merah. Sedangkan kebanyakan ikan tawar memiliki warna daging putih. Ikan laut yang memiliki daging warna putih seperti ikan Dori, Baronang, Gindara, dan Kembung.

Daging ikan segar sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena masih memiliki nutrisi yang baik dan jumlah kuman serta mikroorganisme masih sangat kecil.

Ikan sebaiknya disimpan dalam kondisi beku di dalam Freezer agar kuman dan mikroorganisme tidak berkembang. Agar bau ikan tidak tercampur dengan bau daging dan ayam pada Freezer, maka simpan ikan di dalam freezer dengan menggunakan Tupperware Medium Freezermate with Dial.

Bagikan tips ini :

Produk terkait

Medium Freezermate with Dial

Tips Terkait

Cara Tepat Masak Ikan Pakai Pressure Cooker

Beda Jenis Beras, Beda Pula Cara Masaknya

Yuk, perbaiki cara belanjamu sekarang!

Tips Populer lainnya

Merawat Kulkas, Bersih dan Sehat

Lemari es/ Kulkas adalah bagian penting dalam kehidupan keluarga. Kulkas adalah tempat menyimpan bahan makanan segar dan beku untuk kebutuhan keluarga.

Cermat Menyimpan Berbagai Makanan

Setiap bahan makanan beda jenisnya, tentu beda pula cara penyimpanannya.

Tips Memasak Sekaligus Merawat Peralatan Dapur dengan Cara Sehat

Beberapa pakar dapur serta chef paling berpengalaman sekalipun pernah melakukan kesalahan. Namun, dari kesalahan itulah mereka belajar dan menjadi seseorang yang profesional. Berikut adalah tips dari mereka yang berpengalaman tentang cara memasak dan merawat peralatan dapur dengan cara yang sehat.