Tips Merawat Microwave

Walaupun terbilang masih mahal, namun saat ini microwave sudah menjadi peralatan dapur penting yang harus dimiliki di rumah. Fungsinya yang memudahkan kegiatan memasak sehari-hari sangat disukai seluruh keluarga walaupun biasanya digunakan untuk  memanaskan makanan saja. 
Lebih cepat, higienis, dan praktis! Inilah alasan yang sering diungkapkan para penggunanya, walaupun microwave memerlukan daya listrik lebih besar dibandingkan peralatan dapur lainnya.
Apapun jenis microwave yang Anda miliki di rumah, sebaiknya kita tetap melakukan perawatan rutin ya, agar peralatan dapur di rumah lebih awet dan tetap higienis saat digunakan. Tentu Anda tidak mau kan, menemukan aroma kurang sedap atau makanan justru berubah rasa setelah dipanaskan? Yuk ikuti 5 tips ini untuk merawat microwave kesayangan Anda:

 

  • Bersihkan Microwave Setelah Digunakan

Kalau Anda adalah tipe orang yang membersihkan peralatan dapur setiap hari Minggu, mulai sekarang ubah kebiasaan ini, yuk. Usahakan setiap kali memanggang atau memanaskan makanan, bersihkan microwave setelah selesai. Mengapa?
Tentu kita tidak bisa menghindari sisa makanan yang berceceran di dalam microwave saat proses memanaskan. Bisa saja kita tinggalkan saja noda yang ada di dalam ruang microwave, namun kalau setiap hari seperti ini pasti kotoran akan menempel dan sulit dibersihkan. Maka dari itu, untuk menghindari noda menumpuk selalu bersihkan setelah digunakan, ya.

 

  • Hindari Menggunakan Wadah Logam, Ya

Sudah punya microwave, harus siap juga dengan wadah yang digunakan. Wadah kaca lebih ramah dengan panas yang dihasilkan microwave, sehingga bahan ini lebih disarankan. Selain lebih aman, wadah kaca tidak akan merusak rasa makanan.
Hindari penggunaan wadah logam saat memanaskan makanan, karena logam dapat memicu percikan listrik dan membuat kinerja microwave terganggu. Yuk mulai koleksi wadah berbahan kaca untuk menjaga keawetan microwave di rumah!

 

  • Pastikan Pintu Tertutup Rapat

Satu poin penting yang sering dilupakan adalah untuk menutup pintu microwave saat memanaskan makanan. Dengan alasan supaya bisa melihat makanan di dalamnya, dengan entengnya kita membiarkan pintu microwave terbuka.
Padahal untuk keamanan sangat disarankan untuk menutup pintu microwave sampai benar-benar rapat. 
Microwave bekerja menggunakan gelombang mikro, sehingga jika tidak ditutup rapat gelombang ini bisa keluar dan membahayakan sekelilingnya. Selain itu, gelombang mikro yang dihasilkan microwave tidak baik untuk kesehatan kita, lho.

 

 

Baca juga : Tips Memilih Microwave

 

 

  • Selalu Sedia Air Lemon

Masih ingat dengan keajaiban air lemon untuk membersihkan dapur?
Untuk berjaga-jaga, jangan lupa selalu sediakan lemon segar di dalam kulkas, ya. Air lemon dapat dimanfaatkan untuk membersihkan noda makanan di dalam microwave. Caranya?
Jika Anda menemukan ada noda makanan menempel, tuang air lemon ke seluruh permukaan noda dan diamkan sebentar. Selanjutnya bersihkan menggunakan lap basah untuk mengangkat noda. Jika dirasa sudah bersih, lap ulang menggunakan kain kering. Aroma segar yang dihasilkan lemon juga akan menjaga microwave tetap fresh, lho.

 

  • Nyalakan Seperlunya Saja

Listrik adalah bagian tak terpisahkan dari peralatan elektronik di rumah. Untuk menjaga keamanan, pastikan Anda sudah mencabut kabel dari stop kontak.
Hindari menyalakan microwave tanpa ada makanan karena energi akan terbuang percuma. Selain itu, kebiasaan ini bisa mengakibatkan microwave cepat rusak, lho.

 

Semahal apapun peralatan dapur yang kita punya, kalau perawatannya kurang tepat tentu akan mengurangi daya tahannya, lho. Jadi, perhatikan cara penggunaan yang benar dan rawat sebaik mungkin, yuk!

Bagikan tips ini :

Produk terkait

Pocket Cooker

Tips Terkait

Natal Semakin meriah dengan 3 Jenis Toples Cantik Berikut Ini!

Cara Aman Simpan Tabung Gas Sebelum Ditinggal Mudik

3 Tips Mudah Persiapkan Acara Arisan Lebih Berkesan

Tips Populer lainnya

Merawat Kulkas, Bersih dan Sehat

Lemari es/ Kulkas adalah bagian penting dalam kehidupan keluarga. Kulkas adalah tempat menyimpan bahan makanan segar dan beku untuk kebutuhan keluarga.

Cermat Menyimpan Berbagai Makanan

Setiap bahan makanan beda jenisnya, tentu beda pula cara penyimpanannya.

Tips Memasak Sekaligus Merawat Peralatan Dapur dengan Cara Sehat

Beberapa pakar dapur serta chef paling berpengalaman sekalipun pernah melakukan kesalahan. Namun, dari kesalahan itulah mereka belajar dan menjadi seseorang yang profesional. Berikut adalah tips dari mereka yang berpengalaman tentang cara memasak dan merawat peralatan dapur dengan cara yang sehat.