search button

Recent Search

banner

Perlengkapan DJ Rekomendasi untuk Pemula

Posted on September,26 2018

Mungkin kamu sudah lama memendam keinginan menjadi Disc Jockey (DJ). Tetapi saat ingin memulainya, kamu merasa bingung: Apa peralatan dan perlengkapan yang tepat untuk disiapkan? Ngga perlu bingung lagi, nih kebutuhan dasar DJ yang akan membantu kamu untuk memulai karier yang selama ini kamu impikan.

1. Turntable Digital

Jika kamu menginginkan turntable dari zaman digital dengan fitur lengkap namun terasa seperti menjalankan unit klasik, kamu perlu sebuah digitally controlled jog wheel yang terasa seperti benda asli. The Denon MCX8000 memenuhi hal tersebut. Unit ini bisa berdiri sendiri, artinya kamu tidak perlu menyinkronkan dengan laptop. Peralatan ini juga sudah dilengkapi perangkat lunak Serato DJ software.
Ada pengontrol mixer empat saluran di bagian tengah dan roda joging menggunakan konstruksi logam padat untuk presisi. Ada touchpads kecepatan-sensitif dan dual display HD yang menunjukkan perangkat lunak dan mesin Serato di tempat kerja. Mixer empat saluran mengirimkan melalui audio pada 24 bit dan ada dua USB out untuk menyinkronkan dengan sempurna dan mentransfer perminan ke DJ lain sehingga bisa diatur secara mulus. Di bagian tengah terdapat empat kanal mixer-controller dan jog wheel-nya menggunakan konstruksi logam padat untuk kebutuhan presisi. Terdapat pula velocity-sensitive touchpad dan dual monitor HD yang menunjukkan perangkat lunak Serato dan mesin yang bekerja.


2. Headphones

Untuk urusan headphone, gunakan tipe yang bisa digunakan memantau live session dan juga sempurna untuk digunakan dalam studio. Magnet Neodymium dan driver 40mm memberikan detail tentang audio apa pun yang kamu perlukan. Akan lebih baik lagi jika headphone memiliki desain closed-back sehingga mampu mengisolasi telinga dari suara yang tidak diperlukan. Untuk memenuhi kebutuhan ini semua kamu bisa menjatuhkan pilihan kepada Sony MDR7506.

 

3. Turntable Analog

Unit turntable yang tidak digerakkan sistem belt pulley ini cocok buat kamu yang ingin memainkan jari dengan gaya klasik dan pengaturan analog. Perangkat ini memberikan torsi memadai yang memungkinkan kamu melakukan rotasi dengan stabil. 
Pioneer DJ PLX 1000 memiliki spektrum kendali kecepatan yang luas ketimbang yang biasa ditawarkan sebuah turntable (hingga +/- 16x). Ini membuatnya sangat bagus untuk menyinkronisasikan tempo saat mentransisikan track dengan cepat. Beli perangkat ini dua unit dan kamu akan menyaingi ring yang dimiliki DJ profesional.
 
4. Studio Monitor
 

Bingung memilih studio monitor yang tepat di rumah? KRK Rokit 8 bisa kamu pertimbangkan. Perangkat ini akan memberi kamu respons frekuensi untuk setiap dentuman musik yang kamu buat di rumah. Unit ini bisa menghasilkan suara hingga 35 kHz di batas atas. Jadi kamu bisa lebih leluasa untuk meracik musik sesuai keinginan. Amplifier class A/B amplifier yang dimiliki juga menyodorkan SPL hingga 109 dB, yang lebih dari memadai untuk studio rumahan. Aksesoris warna kuning yang berada di speaker dome juga membuatnya terlihat apik saat menghiasi meja. 

 

5. Mixer

Kunci keberhasilan pengaturan live DJ bukan berada di turntable, tetapi mixer. Pioneer DJ DJM-900NXS2 adalah platform terpadu yang andal. Pada tingkat paling dasar, mixer akan menjalankan suara dari komputer (atau dari input lain yang kamu kirimkan) dan memberikannya ke speaker. Saat dipasangkan dengan turntable, kamu dapat menjalankan dua track independen secara bersamaan dan memudar di antara keduanya. Pioneer DJ DJM-900NXS2 melakukan ini dengan sempurna. Selain itu, perangkat ini juga menawarkan banyak fitur onboard untuk suara yang hangat dan bernuansa. Ada juga bank Sound Color FX yang memberi kami enam warna berbeda untuk ditempatkan di setiap track: Sweep, Filter, Crush, Dub Echo, Noise, dan Space.


6. Digital Audio Workstation

Tiap DJ akan menempatkan perangkat lunak digital audio workstation di pusat produksi mereka. Software Ableton 9 yang merupakan rilisan terbaru akan memudahkan aksi-aksi DJ. Terdapat lima instrumen perangkat lunak yang mudah dikendalikan, 34 efek suara , dan 8 efek MIDI berbeda yang siap melayani racikan musikmu. Selain itu, perangkat lunak ini memiliki lebih dari 1.800 sound, yang meliputi 10GB audio untuk membantu kamu mulai beraksi.

Kalau semua perlengkapan sudah dipastikan ada dalam tas perlengkapan kamu, tunggu apa lagi? Let’s hit the floor, bro!

Go Back! Share :